Apa yang Disebut Imbal Beli?

Apa yang Disebut Imbal Beli?

BIBLIOTIKA - Imbal Beli adalah suatu kegiatan jual beli produk yang diperdagangkan, yang dilakukan secara timbal balik antara dua pengusaha atau dua negara dengan atau tanpa melibatkan pihak ketiga (pengusaha atau negara) sebagai pihak pembeli yang terakhir.

Di Indonesia, kebijaksanaan imbal beli pertama kali diumumkan/dilaksanakan pada tahun 1982, sebagai salah satu usaha meningkatkan ekspor komoditas non-migas, yang dikaitkan dengan pembelian/pengadaan barang-barang kebutuhan pemerintah. Imbalan dalam hal ini lazim disebut initial fee dan royalty fee.

Selain Imbal Beli, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia ekonomi, manajemen, dan perbankan umumnya, yang juga perlu kita tahu.

ECOTECH

Singkatan Economic and Technical Cooperation, atau Kerjasama Ekonomi dan Tehnik Anggota APEC. Yaitu suatu program/kegiatan kerja sama ekonomi dan teknik antar anggota APEC, yang bertujuan untuk menumbuhkan ekonomi yang adil dan pembangunan yang berkelanjutan di antara anggota.

EDI

Singkatan Electronic Data Interchange. Yaitu mekanisme pertukaran data-data untuk keperluan bisnis secara elektronik.

Efek


Surat berharga, yaitu surat pengakuan utang, surat berharga komersial, saham, obligasi, tanda bukti utang, unit penyertaan kontrak investasi kolektif, kontrak berjangka atas efek, dan setiap derivatif dari efek.

Efektivitas

Pencapaian hasil kerja yang tepat sesuai dengan sasaran yang direncanakan.

Efisiensi

Produksi output dalam jumlah maksimal yang dimungkinkan oleh kuantitas input-input dan keandalan teknologi produksi penghemat biaya yang tersedia.

Efisiensi Ekonomi

Kemampuan produk output yang bernilai maksimal, yakni melalui penggunaan teknik-teknik produksi yang hemat biaya, dan didasarkan pada suatu perhitungan yang jitu atas tingkat efektif permintaan pasar.

Efisiensi Teknis

Produksi output dalam jumlah maksimal dengan menggunakan segenap input (faktor-faktor produksi) dan teknologi produksi yang tersedia, dan hitungannya terlepas dari tinggi atau rendahnya tingkat permintaan pasar terhadap produk yang bersangkutan.

Ekonomi Pasar

Suatu ciri atau bentuk kegiatan ekonomi suatu negara atau bangsa yang tertumpu pada mekanisme permintaan dan penawaran dalam pasar, sebagai dasar untuk menentukan tingkat-tingkat produksi, konsumsi, harga, termasuk investasi dan tabungan masyarakat.

Ekonomi Politik

Suatu upaya menyatukan analisis ekonomi dengan aspek-aspek politik praktis, misalnya menganalisis suatu aktivitas ekonomi dari konteks politik. Sebenarnya, ilmu ekonomi klasik secara umum merupakan ilmu ekonomi politik. Dewasa ini ekonomi politik semakin diakui sebagai kajian atau disiplin ilmu yang sangat penting dan relevan untuk membedah berbagai masalah di seputar pembangunan.

Ekonomi Rakyat

Ekonomi partisipatif yang mampu memberikan akses yang adil bagi seluruh lapisan masyarakat dalam memperoleh input, melakukan proses produksi, distribusi, dan memanfaatkan konsumsi nasional, di samping tanpa ada hambatan untuk masuk ke pasar tanpa mengorbankan fungsi sumber daya alam sebagai pendukung sistem kehidupan masyarakat.

Ekonomi Terbuka

Kebijakan ekonomi yang dianut suatu negara yang memanfaatkan kegiatan perdagangan internasional sebagai salah satu bagian penting untuk menggerakkan roda perekonomian negara tersebut. Dalam ekonomi terbuka, lazimnya kegiatan ekspor menyumbang sekurang-kurangnya 10% dari GNP (Gross National Product) negara tersebut.

Ekowisata

Penyelenggaraan kegiatan wisata yang bertanggung jawab di tempat-tempat alami atau di daerah-daerah yang dibuat berdasarkan kaidah alam, dan secara ekonomi berkelanjutan yang mendukung upaya-upaya pelestarian lingkungan (alam dan budaya), dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Ekuitas Eksternal

Dana yang pada awalnya berasal dari investasi para pemilik dalam sebuah perusahaan (external equity).

Emisi

Pengeluaran saham atau obligasi suatu perusahaan untuk dijual kepada umum.

Emiten

Pihak atau perusahaan yang menawarkan efeknya kepada masyarakat investor melalui penawaran umum.

Endosemen Blangko

Endosemen tanpa menyebut nama endosi (endorsement in blank, blank endorsement).

Endosemen Pinjam Nama

Endosemen yang dilakukan endosan dengan sekadar mengizinkan penggunaan namanya untuk membantu pihak lain memperoleh dana melalui penjualan surat wesel, walaupun tidak berkepentingan atas surat wesel tersebut, endosan tetap bertanggung jawab menurut hukum (accommodation endorsement).