Apa yang Disebut Harga Pasar?

 Apa yang Disebut Harga Pasar?

BIBLIOTIKA - Harga Pasar adalah nilai pasaran sekuritas atau komoditas lainnya yang ditentukan berdasarkan permintaan dan penawaran pasar (market price); harga yang dibayar dalam transaksi barang dan/atau jasa, sesuai kesepakatan antara para pihak di pasar bersangkutan.

Selain Harga Pasar, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia ekonomi, manajemen, dan perbankan umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Trading House

1) Lembaga yang berperan sebagai koordinator pemasaran bagi kepentingan kelompok produsen atau kelompok komoditas tertentu, dan berfungsi sebagai suplayer bahan baku, imbalan, konsultan, dan pelaksana pengembangan produk dan pasar, dengan mendapat imbalan keuntungan dari kegiatannya.

Di Indonesia, Trading House dilakukan oleh perusahaan besar atau BUMN yang berperan sebagai mitra dagang bagi produsen kecil, dan mendapat peran khusus untuk melaksanakan fungsi yang terkandung di dalam Demokrasi Ekonomi sesuai dengan isi dan maksud pasal 33 P-3 Undang-undang Dasar 1945.

Praktiknya, Trading House di Indonesia dilakukan oleh badan usaha pemerintah atau lembaga swasta lain yang berbadan hukum, dan umumnya masih diselenggarakan dengan sistem tertentu, seperti Bapak-Anak Angkat, Perkebunan Inti Rakyat (PIR), Kantor Pemasaran Bersama (KPB), atau subcontracting;

2) Tempat yang dipersiapkan untuk memamerkan dan menampung serta menjual produk-produk usaha kecil menengah dan koperasi. Transaksi seluruh kegiatan yang menimbulkan hak atau kewajiban atau menyebabkan timbulnya hubungan hukum antara dua pihak atau lebih, termasuk kegiatan pentransferan dan/atau pemindahbukuan dana yang dilakukan oleh penyedia jasa keuangan. 

Transaksi Barter

Perdagangan atau pertukaran secara langsung, ketika barang secara langsung ditukar dengan barang lainya. Ini biasa berlangsung dalam perekonomian yang belum sepenuhnya menggunakan uang.

Transaksi Bursa

Kontrak yang dibuat oleh anggota bursa efek sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh bursa efek mengenai jual beli efek, pinjam meminjam efek, atau kontrak lain mengenai efek atau harga efek.

Transfer Kosong

Penyerahan secara formal surat-surat berharga yang dipindahtangankan, yang penyelesaiannya diserahkan kepada seorang untuk dipindahtangankan (blank transfer). 

Transfer Pos

Transfer dengan pos (mail transfer). 

Traveller's Cheque

Cek perjalanan dalam valuta asing yang dapat dipergunakan sebagai alat pembayaran.

Trickle-down Theory of Development

Teori pembangunan penetesan ke bawah; pemikiran yang menyatakan bahwa pembangunan merupakan suatu fenomena ekonomi murni, sehingga perolehan atau keuntungan dari peningkatan GNP dan pendapatan per kapita secara cepat akan secara otomatis menetes ke bawah ke seluruh anggota masyarakat dalam bentuk pekerjaan baru dan berbagai kesempatan ekonomi lainnya. Karena itu, pemikiran ini sangat mementingkan pertumbuhan ekonomi serta menomorduakan masalah-masalah kemiskinan absolut, pengangguran, dan ketimpangan distribusi pendapatan yang sebenarnya tidak kalah penting.

Tuan Tanah

Pemilik tanah yang sangat luas, yang juga menggenggam kekuasaan untuk menyewakan miliknya dengan imbalan tertentu.

Tunai Waktu Pesan

Penjualan dengan syarat bahwa pembayaran dilakukan pada waktu mengadakan pesanan (cash with order). 

Tunggakan

Utang atau kewajiban lain yang telah jatuh tempo menurut perjanjian, tetapi tidak atau belum dibayar sepenuhnya (arrange, arrears).

Validasi

Suatu kegiatan untuk mengoreksi keabsahan dan keakuratan suatu data.

Valuta Asing

Alat pembayaran dan alat-alat likuid luar negeri lainnya (foreign exchange). 

Visi

1) Cara pandang jauh ke depan ke mana instansi/organisasi/individu harus dibawa agar dapat eksis, antisipatif, dan inovatif, 2) Suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan oleh suatu organisasi/individu.

Kriteria dan persyaratan visi: Dapat dibayangkan (imaginable), memiliki nilai yang memang diinginkan (desirable), memungkinkan dicapai, berwawasan jangka panjang, dan dapat dikomunikasikan dan dimengerti.

Volume Usaha

Total nilai penjualan atau penerimaan dari barang dan/atau jasa pada suatu periode waktu atau tahun buku yang bersangkutan.

Voting

Pemungutan suara, untuk mencapai hasil keputusan dari anggota.

Voucher

Rekening, surat bukti pembayaran yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan dengan mencantumkan nilai uang tertentu, dan hanya dapat ditukarkan dengan barang/sesuatu yang telah ditentukan.

ZEE

Singkatan Zona Ekonomi Eksklusif. Yaitu wilayah ekonomi yang berada di luar dan berdekatan dengan laut teritorial, serta mempunyai lebar antara 12-212 mil dari garis pangkal (batas darat pada saat air surut terendah berdasarkan konversi Hukum Laut Internasional, yaitu Undang-undang PBB No. 17 tahun 1985).

Dalam ZEE, negara-negara pantai mempunyai hak eksklusif untuk mengeksploitasi dan mengeksplorasi sumber kekayaan alam hayati dan non-hayati, serta melakukan penelitian ilmiah atau kegiatan antipolusi, tanpa menghalangi negara lain untuk menikmati kebebasan melakukan pelayaran, penerbangan, atau meletakkan kabel atau pipa bawah laut sepanjang hal tersebut sah menurut hukum internasional yang berlaku. Di Indonesia, pengaturan ZEE tertuang dalam Undang-undang No. 5 tahun 1983, dan Peraturan Pemerintah No. 15 tahun 1984.

Zona

Pemanfaatan taman nasional; bagian dari kawasan taman nasional yang dijadikan tempat wisata alam dan lingkungan wisata.