Apa yang Disebut Harga Dasar?

 Apa yang Disebut Harga Dasar

BIBLIOTIKA - Harga Dasar adalah harga yang ditetapkan pemerintah dan dipakai sebagai harga terendah yang dipergunakan untuk melindungi produsen agar dapat terus berproduksi secara layak. Penetapan harga dasar biasanya diberlakukan untuk produk-produk hasil pertanian dan perkebunan yang diatur atau dilindungi pemerintah.

Tujuannya adalah untuk memberikan jaminan imbalan harga yang layak dan meningkatkan pendapatan para petani selaku produsen, sehingga diharapkan para petani akan lebih bergairah dalam meningkatkan produksi.

Selain Harga Dasar, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia ekonomi, manajemen, dan perbankan umumnya, yang juga perlu kita tahu.

TASKIN-KOPPAS

Singkatan Pengentasan Kemiskinan Koperasi Pasar. Yaitu fasilitas kredit modal kerja yang tergabung dalam kelompok Taskin melalui kerja sama dengan Koperasi Pasar (Koppas) atau koperasi lainnya. Kelompok Taskin adalah kelompok yang anggotanya sebagian besar terdiri dari keluarga miskin produktif untuk mengentaskan dirinya dari kemiskinan.

Tujuan adalah meningkatkan kegiatan usaha ekonomi produktif keluarga yang tergabung dalam kelompok Taskin melalui kerja sama usaha dengan Koppas atau Koperasi lainnya, sehingga dapat berperan sebagai pemasok, pengecer, maupun usaha lainnya.

TC

Singkatan Traveller’s Cheque. Yaitu cek perjalanan dalam valuta asing yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran.

TDPT

Singkatan Tanda Daftar Perusahaan Kelengkapan. Yaitu dokumen dalam menjalankan suatu usaha, yang merupakan bukti bahwa suatu badan usaha telah melaksanakan kewajiban untuk mendaftarkan usahanya kepada Kantor Pendaftaran Perusahaan (KPP).

Tempat Usaha

Tempat yang digunakan untuk kegiatan-kegiatan perdagangan, industri, produksi, usaha jasa, penyimpanan-penyimpanan dokumen yang berkenaan dengan perusahaan, juga kegiatan-kegiatan penyimpanan atau pameran barang-barang, termasuk rumah tempat tinggal, yang sebagian digunakan untuk kegiatan-kegiatan tersebut. 

Tera Ulang

Hal menandai berkala dengan tanda-tanda tera sah atau tera batal yang berlaku, atau memberikan keterangan-keterangan tertulis yang bertanda tera sah atau tera batal yang berlaku, dilakukan oleh pegawai-pegawai yang berhak melakukannya berdasarkan pengujian yang dijalankan atas alat-alat ukur, takar, timbang, dan perlengkapannya, yang telah ditera.

Tertib Administrasi Importir

Kegiatan registrasi importir yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Departemen Keuangan, serta kegiatan verifikasi dan evaluasi yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri Departemen Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia.

Tingkat Bunga Bank

Suku bunga atau diskonto yang ditetapkan bank.

Tingkat Bunga Efektif

Tingkat bunga yang sesungguhnya dibebankan dalam setahun; jika suku dibebankan sekali setahun, maka tingkat bunga nominal sama dengan suku bunga efektif (effective interest rate). 

Tingkat Bunga Pemutus

Tingkat bunga yang merupakan batas antara harga yang diterima dan yang ditolak (cut rate).

Tingkat Hasil Intern

Tingkat nilai pengembalian yang berasal dari dana yang digunakan dalam suatu proyek atau kegiatan tertentu (internal rate of return).

Toko

Tempat atau bangunan yang diperuntukan bagi perorangan, perusahaan, atau koperasi, untuk melakukan penjualan secara langsung kepada konsumen.

Toko Jejaring

Dalam bahasa Inggris disebut Corporate Chain Store. Yaitu sejumlah toko yang tersebar di berbagai tempat dan dimiliki/dikuasai oleh sekelompok orang/perorangan, perusahaan atau koperasi, untuk melakukan penjualan barang-barang dengan jenis dan cara/struktur distribusi yang sama.

Toko Satu Jalur

Dalam bahasa Inggris disebut Single Line Store. Yaitu toko yang menjual hanya 1 (satu) kelompok barang sejenis. 

Toko Serba Ada

Toko skala besar untuk melakukan penjualan berbagai macam barang.

Toko Swadaya

Toko skala kecil yang dimiliki/dikuasai seseorang sebagai pimpinan, untuk melakukan penjualan berbagai macam barang. 

Toko Swalayan

Dalam bahasa Inggris disebut Self Service Store. Yaitu toko yang melakukan penjualan barang-barang dengan tidak menggunakan bantuan pelayanan.

Trade-off

Keharusan untuk mengorbankan sesuatu demi mendapatkan sesuatu yang lain dalam jumlah lebih banyak. Misalnya mengorbankan konsumsi sekarang untuk konsumsi mendatang yang diharapkan lebih baik, dengan menggunakan sebagian sumber daya yang ada sekarang untuk investasi.