Apa yang Disebut Embargo?

 Apa yang Disebut Embargo?

BIBLIOTIKA - Embargo adalah pembatasan atau larangan ekspor atau impor, atas produk tertentu. Menurut sejarah, embargo umumnya dilakukan hanya pada masa perang, meskipun kini terlihat dapat juga dilakukan untuk tujuan politik, ekonomi, atau pun untuk memenuhi ketentuan yang melindungi kesehatan masyarakat.

Embargo yang diberlakukan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) terhadap suatu negara atau sekelompok negara, biasanya dimaksudkan untuk mempengaruhi perilaku negara-negara tersebut, agar tidak menyimpang dari kaidah internasional yang berlaku.

Selain Embargo, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia ekonomi, manajemen, dan perbankan umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Distorsi

Gangguan harga faktor produksi. Situasi ketika faktor produksi tidak dibayar atau pun dibeli dengan harga yang benar-benar mencerminkan nilai kelangkaannya (yakni harga pasar yang kompetitif) karena adanya peraturan kelembagaan yang cenderung menghambat kebebasan kerja kekuatan-kekuatan pasar, yaitu mekanisme pemerintah dan penawaran.

Di banyak negara berkembang, harga-harga yang dibayarkan untuk barang modal (capital goods) dan bahan baku perantara (intermediate producer good) terlampau rendah, karena adanya biaya penyusutan (depresiasi) khusus, potongan pajak, subsidi investasi, dan sebagainya. Sedangkan tenaga kerja dibayar dengan upah di atas nilai pasar, akibat adanya tekanan dari serikat buruh dan tekanan politik. Distorsi harga faktor produksi ini juga merujuk pada penggunaan teknik-teknik produksi yang tidak tepat guna.

Distribusi

Pengembangan produksi secara fisik dan mengadakan hubungan perantara untuk mendukung pergerakan tersebut.

E-Business

Singkatan Electronic Business, yaitu hubungan bisnis elektronik dengan mengunakan internet. Tidak hanya terbatas pada kegiatan jual beli, namun juga melakukan kegiatan pelayanan pelanggan dan kerjasama dengan rekan bisnis, dengan menggunakan internet sehingga memberikan dampak bisnis yang lebih luas.

E-Commerce

Singkatan Electronic Commerce, yaitu transaksi bisnis yang dilakukan melalui sebuah jaringan elektronik; perdagangan di internet.

EAC

Singkatan East African Community atau Masyarakat Ekonomi Afrika Timur. Yaitu suatu bentuk integrasi ekonomi yang meliputi tiga negara berkembang di kawasan Afrika Timur, meliputi Kenya, Uganda, dan Tanzania. Organisasi tersebut didirikan berdasarkan perjanjian kerja sama kawasan Afrika Timur (Treaty of East Cooperation) pada 1976. Namun, organisasi ini akhirnya dibubarkan pada pertengahan dasawarsa 1970-an.

Kerja sama ini mengambil bentuk pengelolaan administrasi bersama atas beberapa kegiatan di bidang jasa ekonomi, yang menyangkut kepentingan masyarakat di semua negara (perkeretaapian, penerbangan, angkatan laut dan sungai, penelitian) dan semula hendak dikembangkan menjadi sebuah persekutuan pabean (custom union) untuk menciptakan perdagangan bebas (free trade) internal (di kalangan sesama negara anggota) dan mengupayakan pemberlakuan tarif eksternal bersama (common external tariff) terhadap barang-barang impor dari negara-negara lain yang bukan merupakan anggota.

ECAFE

Singkatan Economic Commission for Asia and the Far East, atau Komisi Ekonomi untuk Asia dan Timur Jauh. Merupakan badan khusus Perserikatan Bangsa-bangsa pada tingkat regional yang berkedudukan di Bangkok, Thailand. Lembaga ini dimaksudkan untuk mengadakan analisis teknik dan statistik pembangunan ekonomi, serta kecenderungan yang ada di berbagai negara Asia dan Timur Jauh. 

Eco-Labelling

Tanda yang dilekatkan pada produk-produk tertentu dalam perdagangan internasional, yang menyatakan bahwa pembuatan produk tersebut tidak menimbulkan kerusakan terhadap lingkungan. Isu eco-labelling menyeruak ke permukaan sebagai jawaban atas tuduhan masyarakat negara maju tentang perusakan lingkungan global yang banyak dilakukan negara berkembang, seperti pemanfaatan hutan tropis yang berlebihan; penggunaan bahan-bahan yang menimbulkan polusi atau pemanfaatan sumber-sumber hayati lain, yang dapat mengganggu keseimbangan lingkungan.

Economies of Scale

Manfaat-manfaat ekonomi pertumbuhan yang muncul berkat adanya perluasan skala kapasitas dari suatu perusahaan atau unit ekonomi lainnya, yang mengarah kepada peningkatan output serta penurunan biaya rata-rata produksi untuk menghasilkan suatu unit output-nya.