Apa yang Disebut Devisa, dan Dari Mana Asal Devisa?

Apa yang Disebut Devisa, dan Dari Mana Asal Devisa?

BIBLIOTIKA - Devisa adalah kekayaan suatu negara dalam bentuk mata uang asing, yang berguna sebagai alat pembayaran internasional dan bersifat convertible. Devisa dapat terdiri dari uang kertas asing, wesel, cek, dan sebagainya, dalam valuta asing, yang biasanya dinilai dalam dollar Amerika Serikat atau SDR (Self Drawing Right).

Sumber devisa suatu negara pada umumnya terdiri dari hasil penjualan maupun jasa keluar negeri, pinjaman dalam valuta asing yang diperoleh dari negara-negara asing, badan-badan internasional serta swasta asing, hadiah atau bantuan dari badan-badan PBB dalam bentuk valuta asing, laba dari penanaman modal di luar negeri (seperti laba yang ditransfer dari perusahaan milik pemerintah dan warga negara Indonesia yang berdomisili di luar negeri, termasuk transfer dari warga negara Indonesia yang bekerja di luar negeri), hasil dari kegiatan pariwisata (turis asing yang masuk dan menguangkan mata uang asing untuk digunakan di Indonesia).

Selain Devisa, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia ekonomi, manajemen, dan perbankan umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Debt Outstanding

Jumlah utang yang harus dibayar

Debt-Service Ratio

Rasio jumlah pembayaran bunga dan cicilan pokok pinjaman terhadap nilai pendapatan ekspor dari negara bersangkutan dalam tahun yang sama.

Defisit

Kelebihan pembelanjaan dari penerimaan.

Defisit Perdagangan


Kelebihan belanja impor terhadap penerimaan ekspor pada neraca transaksi berjalan (current account). Istilah lainnya adalah defisit perdagangan barang (merchandise trade deficit).

Dekonsentrasi

Pelimpahan wewenang dari pemerintah kepada gubernur sebagai wakil pemerintah, dan/atau perangkat pusat di daerah.

Dekopin

Singkatan Dewan Koperasi Indonesia. Yaitu organisasi tunggal gerakan koperasi Indonesia yang bersifat ideal dan otonom, dan berfungsi sebagai; 1) wadah perjuangan cita-cita, nilai-nilai, dan prinsip koperasi; 2) wakil gerakan koperasi, baik di dalam maupun di luar negeri; 3) mitra pemerintah dalam rangka mewujudkan pembangunan koperasi Indonesia.

Deplesi

Pengurangan atas nilai aktiva tetap (berupa sumber-sumber alam) untuk diolah dalam proses produksi (depletion).

Deposito

Simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu, berdasarkan perjanjian nasabah penyimpan dengan bank.

Deputi

Suatu jenjang struktural (eselon I) yang terdapat di birokrasi pemerintah, dan umumnya di lingkungan Kementerian Negara. Misalnya Deputi Pemasaran dan Jaringan Usaha.

Deskripsi Pekerjaan

Ringkasan tertulis mengenai tugas yang diminta oleh pekerjaan tertentu (job description).

Devaluasi


1) Tindakan pemerintah untuk menurunkan nilai mata uang negaranya terhadap nilai mata uang negara lain secara mendadak, dan dalam perbedaan yang cukup besar. Tindakan ini mengakibatkan harga barang-barang negara lain menjadi relatif lebih murah di pasaran luar negeri, dan sebaliknya harga barang-barang negara lain menjadi relatif mahal di pasaran dalam negeri.

Makin tinggi tingkat devaluasi yang dilakukan, makin baik daya saing negara itu terhadap negara lain. Tindakan devaluasi memungkinkan suatu negara dalam jangka pendek dapat menaikkan ekspornya, dan mengurangi impornya; 2) penurunan nilai-nilai tukar (exchange rate) secara resmi atas mata uang domestik terhadap valuta asing atau mata uang dari negara-negara lain. 
 
Dewan Direksi

Badan yang memerintah sebuah korporasi, yang dipilih oleh para pemegang saham (board of directors).

Dewan Penasihat

Kelompok yang berfungsi sebagai sebuah dewan direksi, tapi hanya bertindak dalam kapasitas sebagai penasihat (advisory council).

Direksi

Organ perseroan yang bertanggung jawab penuh atas pengurusan perseroan untuk kepentingan dan tujuan perseroan, serta mewakili perseroan di dalam maupun di luar pengadilan sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar.

Diskonto Ulang

Menjual atau membeli potongan pada suatu instrumen yang dapat diperjualbelikan yang telah sekali diberi potongan (rediscount).