Apa yang Disebut Depresiasi?

  Apa yang Disebut Depresiasi?

BIBLIOTIKA - Dalam ilmu ekonomi, Depresiasi berarti pengurangan bertahap dari waktu ke waktu atas nilai harga suatu mata uang dalam satuan nilai mata uang lain akibat kekuatan-kekuatan penawaran dan permintaannya di pasar; penyusutan atau penghapusan. Depresiasi juga bisa diartikan pengurangan atas nilai aktiva tetap karena pemakaian, kemerosotan, dan lain-lain; seperti jumlah yang dibebankan untuk sebagian biaya atau nilai buku dari suatu harta tetap yang tidak dapat diterima kembali pada waktu harta tetap tersebut tidak dipergunakan lagi.

Selain Depresiasi, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia ekonomi, manajemen, dan perbankan umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Daftar Umur Piutang

Pengelompokan piutang usaha yang berdasarkan lamanya waktu piutang tersebut (aging schedule).

Dana

Uang tunai dan atau aktiva lain yang segera dapat diuangkan, yang tersedia atau disisihkan untuk maksud tertentu (fund).

Dana Amanat Karyawan

Lembaga yang didirikan untuk mengelola dana kesejahteraan karyawan (employee trusts fund).

Dana Bersama

Dana beberapa orang atau badan usaha yang digunakan untuk melaksanakan proyek atau kegiatan (mutual fund).

Dana Boleh Pinjam


Dana bank yang dapat dipinjamkan kepada pihak ketiga (loanable fund).

Dana Cadangan Koperasi

Sejumlah uang yang diperoleh dari penyisihan sisa hasil usaha (SHU), yang dimaksudkan untuk memupuk modal sendiri, dan untuk menutup kerugian koperasi bila diperlukan.

Dana Laba BUMN

Bagian dana dari laba BUMN yang digunakan untuk mendorong upaya pengembangan potensi usaha kecil dan koperasi (UKK), atau disebut dengan Mitra Binaan, yang dilaksanakan melalui pembiayaan investasi dan atau modal kerja untuk membiayai usaha yang produktif, serta bantuan (hibah) untuk pendidikan, pelatihan, penelitian, dan pengembangan, yang bertujuan meningkatkan kemampuan kewirausahaan, manajemen, serta keterampilan teknis produksi.

Dana Luar Negeri

Dana yang berada di luar negeri (off-shore funds).

Dana Pelunas Utang

Dana perusahaan untuk membayar utang jangka panjang yang dibentuk dengan menyisihkan sebagian laba secara berkala.

Dana Stabilisasi Devisa

Dana devisa yang dibentuk oleh pemerintah atau Bank Sentral melalui jual beli untuk mempengaruhi kurs valuta, sebagai salah satu cara pengawasan devisa (exchange equilization fund).

Dana Tarik

Dana yang diperoleh dari penjualan obligasi baru untuk menarik obligasi lama (refunding). 

Danareksa

Merupakan kumpulan dana masyarakat yang diinvestasikan pada saham, obligasi, deposito berjangka, pasar uang, dan seterusnya. Dana yang dikumpulkan tersebut ditentukan batas minimumnya, misalnya Rp. 100.000, atau Rp. 250.000 dan seterusnya, tergantung penerbit.

Atas pembelian suatu reksa dana, investor menerima secarik kertas yang berisi jumlah unit yang dimiliki dan harga pembelian unit tersebut. Investor yang memiliki unit mempunyai hak atas segala harta yang dimiliki reksa dana tersebut, misalnya mempunyai hak atas saham Perusahaan X, di mana saham Perusahaan X merupakan portofolio dari reksa dana yang dibelinya. Kepemilikan tersebut sesuai dengan persentase unit yang dimiliki.

Data

1) Referensi fakta atau bahan baku informasi; 2) Informasi berupa angka tentang karakteristik (ciri-ciri khusus) suatu populasi.

Data Sekunder

Informasi pasar yang sebelumnya telah dikumpulkan (secondary data).

DAU

Singkatan Dana Alokasi Umum. Yaitu dana yang berasal dari APBN yang dialokasikan dengan tujuan pemerataan kemampuan keuangan antardaerah, untuk membiayai kebutuhan pengeluarannya dalam rangka pelaksanaan desentralisasi.

Daya Saing

Tingkat kemampuan usaha kecil menengah dan koperasi, dalam melakukan persaingan di dunia bisnis.

Daya Tarik Wisata

Sifat yang dimiliki oleh suatu objek (tempat) berupa keunikan, keaslian, kelangkaan, lain dari yang lain, memiliki sifat yang menumbuhkan semangat dan nilai bagi wisatawan.

Dealer Besar

Perorangan atau badan usaha yang ditunjuk untuk melakukan kegiatan perdagangan  partai besar barang-barang dari satu merek dagang tertentu, yang dimiliki/dikuasai oleh pemegang merek atau agen tunggal pemegang merek.

Debitur

Pihak yang menerima kredit atau pinjaman (debitor).

Debitur Lari

Debitur yang melarikan diri (absconding debitor).