Apa yang Disebut Cadangan Devisa?

 Apa yang Disebut Cadangan Devisa

BIBLIOTIKA - Cadangan Devisa adalah jumlah penguasaan emas, valuta asing, Special Drawing Rights (SDR), posisi cadangan sebagai anggota IMF pada IMF, dan penguasaan valuta asing di bawah pengawasan otoritas moneter di setiap negara. Istilah lainnya adalah Gross International Reserves.

Selain Cadangan Devisa, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia ekonomi, manajemen, dan perbankan umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Cadangan Bank

Sebagian dari aktiva bank yang berupa alat-alat likuid dan yang dapat segera dicairkan untuk menghadapi kemungkinan penarikan rekening nasabah seperti giro, deposito, dan simpanan lain.

Bad Debt Ratio

Suatu angka yang diperoleh dengan cara membagi jumlah utang yang tak tertagih dengan total kredit penjualan.

Bagi Hasil

Akad kerja sama antara bank dengan nasabah yang mempunyai keahlian dalam mengelola suatu usaha produktif, dengan kesepakatan berbagi hasil dari keuntungan (revenue); akad kerja sama antara bank dengan nasabah yang menggunakan konsep bagi hasil, dengan masing-masing pihak menyetorkan modal (dana) dalam jumlah yang sama atau berbeda sesuai kesepakatan.

Balai Kerja

Tipe operasional manufaktur yang menggunakan pelaksanaan produksi jangka pendek untuk memproduksi kuantitas kecil dari barang-barang yang unik.

Bantuan yang Mengikat


Suatu bantuan dari luar negeri (foreign aid) dalam bentuk pinjaman bilateral (bilateral loans) atau hibah (grants) yang mensyaratkan agar negara penerima menggunakan pinjaman tersebut untuk membeli barang-barang dan/atau jasa dari negara donor (penyumbang).

Karenanya, penerimaan bantuan pinjaman itu terikat pada keharusan untuk membeli barang-barang atau jasa-jasa dari negara yang memberi pinjaman. Sebagai contoh, Inggris memberikan bantuan yang mengikat kepada Indonesia dalam bentuk sejumlah uang, dan mempersyaratkan Indonesia untuk menggunakan uang pinjaman tersebut untuk membeli barang atau jasa tertentu dari Inggris.

Bapak Angkat

Sebutan untuk perorangan, perusahaan, koperasi, maupun lembaga, baik pemerintah atau swasta, yang membantu atau membina perusahaan atau usaha ekonomi lemah, berupa pemasaran, bahan baku, pelatihan, permodalan, dan jasa-jasa lain, yang memungkinkan usaha tersebut dapat berkembang secara mandiri. 

Barang

Setiap benda, baik yang berwujud maupun tidak berwujud, baik bergerak maupun tidak bergerak, yang dapat diperdagangkan, dipakai, dipergunakan, dalam masyarakat untuk dimanfaatkan oleh konsumen atau pelaku usaha.

Barang Modal


Suatu aktiva yang berbentuk tanah, bangunan, mesin-mesin, serta sarana dan alat produksi lainnya, yang dapat dinilai dengan uang, yang dibeli atau diperoleh dengan uang, yang dibeli atau diperoleh dengan cara lain untuk digunakan sendiri dalam jangka waktu lebih dari satu tahun, dan nilainya cukup untuk dibebankan sebagai biaya dalam beberapa tahun, sesuai dengan masa penggunaannya.

Barter

Suatu bentuk atau cara perdagangan yang didasarkan pertukaran komoditas secara langsung dengan komoditas lain atau dengan jasa-jasa, tanpa mempergunakan alat tukar uang oleh kedua belah pihak. Dalam perdagangan barter, barang yang dipertukarkan harus berbeda.

Sistem perdagangan barter tidak saja dapat dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain, tetapi dapat dilakukan oleh dua orang (pengusaha) dalam suatu negara pada domisili yang berbeda. Dalam barter, yang paling diperlukan adalah toleransi yang besar dari kedua pihak yang melakukan perdagangan barter tersebut, dalam menentukan nilai tukar dari barang-barang yang dibarter.

Basis Data

Suatu kumpulan data yang disusun secara logis atau terstruktur, terkoordinir, terpelihara, lengkap, akurat, tersimpan dengan baik, serta mudah ditemukan kembali.

Batch Manufacturing

Suatu tipe operasional manufaktur yang merupakan tingkat menengah (antara balai kerja dan proses manufaktur yang berulang-ulang) dalam volume dan jenis produk.

Bauran Pemasaran


Bagian dari rencana bisnis yang menggambarkan manfaat pengguna barang atau jasa dan tipe pasar yang ada.

Bauran produk

Total lini produk pada sebuah perusahaan.

Bauran Promosi

Pencampuran antara teknik komunikasi perorangan dan non-perorangan yang ditujukan pada sebuah pasar sasaran.