Apa yang Disebut Benchmarking?

 Apa yang Disebut Benchmarking

BIBLIOTIKA - Benchmarking adalah suatu perbandingan yang dilakukan dengan cara terbuka dan jujur, untuk menemukan bagaimana perusahaan lain dapat melakukan sesuatu dengan lebih baik atau lebih murah, sehingga perusahaan kita dapat meniru, dan mungkin memperbaiki teknik yang dipergunakan.

BDS

Singkatan Business Development Services, yaitu lembaga masyarakat yang memberikan layanan jasa usaha atau pengembangan usaha bagi usaha mikro dan usaha kecil, dan memperoleh fee atau komisi dari jasa layanan yang diberikannya. Lembaga ini bersifat non-finansial.

Bea


Pajak tidak langsung atas barang impor dan ekspor dengan surat-surat sebagai bukti dan lain-lain, menurut peraturannya masing-masing.

Beban

Bagian dari biaya dalam satu periode tertentu yang diperhitungkan untuk mengurangi pendapatan, misalnya penyusutan, kerusakan, dan kehilangan. Istilah ini dapat pula diartikan sebagai catatan pembukuan mengenai pertambahan harta atau biaya, atau pengurangan utang atau modal. 

Beban Mengambang

Beban yang tidak ditentukan secara pasti.

Beban Pengimbang

Ikhtisar yang dipergunakan dalam menghitung pajak penghasilan.

Biaya

Jumlah aktiva yang terpakai atau jasa yang digunakan dalam proses menghasilkan pendapatan.

Biaya Bunga

Biaya untuk peminjaman modal usaha.

Biaya Depresiasi

Biaya yang berhubungan dengan aktiva tetap, seperti sebuah bangunan atau peralatan, yang didistribusikan selama umur kegunaannya.

Biaya Ikatan


Biaya yang dibebankan kepada nasabah, sehubungan dengan penyediaan dana oleh bank dalam rangka pemberian kredit investasi.

Biaya Kesempatan

Suatu tingkat return yang dapat diperoleh pada investasi lain dengan risiko yang sama.

Biaya Modal

Jumlah biaya yang diukur sebagai tingkat bunga dari berbagai sumber modal yang digunakan perusahaan, yang masing-masingnya ditimbang menurut peranannya dalam struktur modal dan permodalan (disebut pula Overall Cost of Capital, atau Average of Capital).

C & F

Singkatan Cost & Freight. Yaitu suatu kondisi penyerahan barang yang didasarkan pada tanggung jawab penjual untuk menutup ongkos angkutan dan uang tambang, hingga barang sampai ke pelabuhan tujuan. Sedangkan risiko kehilangan dan kerusakan barang-barang, termasuk kenaikan ongkos-ongkos, menjadi tanggung jawab pembeli sejak barang dimuat dalam kapal.

CIF

Singkatan Cost, Insurance, and Freight. Yaitu suatu kondisi penyerahan barang atau dasar pembayaran pada tingkat harga yang sesuai dengan harga pembelian, ditambah semua biaya sampai komoditi berada di atas kapal, dan ditambah biaya angkutan dan asuransi. Semua biaya di atas termasuk biaya angkutan dan asuransi menjadi tanggung jawab penjual, sedangkan biaya bongkar muat di pelabuhan tujuan menjadi tanggung jawab pembeli.

C2C

Singkatan Customer To Customer. Yaitu sebuah mekanisme transaksi electronic commerce yang dilakukan antar pelanggan. Contoh aplikasi C2C adalah lelang (auction).

Cabang Perusahaan

Perusahaan yang merupakan unit atau bagian dari perusahaan induknya, yang dapat berkedudukan di tempat yang berlainan, dan dapat bersifat mandiri atau berdiri sendiri, atau bertugas melaksanakan sebagian tugas dari perusahaan induknya.

CAD

Singkatan Computer Aided Design, yaitu penggunaan sistem komputer yang rumit untuk mendesain produk baru (program desain dengan menggunakan bantuan komputer).

Cadangan Modal

Bagian kekayaan bersih berupa tambahan modal yang tidak berasal dari rekening laba-rugi.

Cadangan Risiko

Suatu dana yang disisihkan dari pendapatan yang dicadangkan untuk menutup risiko apabila terjadi pinjaman macet.

Cadangan Tujuan

Cadangan yang dibentuk dengan menyisihkan secara berkala sebagian dari pendapatan bersih untuk tujuan tertentu. 

Calon anggota

Perorangan yang telah melunasi pembayaran simpanan pokok kepada koperasi, tetapi secara formal belum sepenuhnya melengkapi persyaratan administrasi, antara lain belum menandatangani Buku Daftar Anggota.

CAM

Singkatan Computer Aided Manufacturing, yaitu penggunaan mesin yang dikendalikan oleh komputer untuk membuat produk (manufaktur dengan menggunakan bantuan komputer).

CAR

Singkatan Capital Adequacy Ratio, atau Rasio Kecukupan Modal, yaitu persentase perbandingan antara modal dengan aset tertimbang menurut risiko. Aset yang menjadi pembanding adalah aset yang dianggap berisiko, seperti kredit kepada nasabah. Aturannya, semakin besar CAR suatu bank, maka semakin sehat pula bank tersebut. Menurut BIS (The Bank for International Settlement), bank yang sehat adalah bank yang memiliki CAR minimal 8%.