Apa yang Disebut Agen Tunggal Pemegang Merek?

 Apa yang Disebut Agen Tunggal Pemegang Merek?

BIBLIOTIKA - Agen Tunggal Pemegang Merek, atau biasa disingkat ATPM, adalah perorangan atau badan usaha yang ditunjuk untuk dan atas nama pabrik pemilik merek barang tertentu, untuk melakukan penjualan dalam partai besar atas barang dari pabrik tersebut.

Selain Agen Tunggal Pemegang Merek, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia ekonomi, manajemen, dan perbankan umumnya, yang juga perlu kita tahu.

ABAC

Singkatan APEC Business Advisory Council, atau Dewan Penasihat Bisnis APEC, yang bertugas memberikan jasa konsultasi dalam pengembangan bisnis para anggota APEC.

ADB

Singkatan Asian Development Bank, yaitu sebuah bank pembangunan regional yang memiliki tujuan utama membantu pembangunan ekonomi di negara-negara berkembang di kawasan Asia, melalui pemberian pinjaman dana dan bantuan teknis.

Afiliasi

Di bidang ekonomi, afiliasi diartikan sebagai hubungan antara pihak perusahaan dengan pegawai, direktur, atau komisaris, atau hubungan antara dua perusahaan yang di dalamnya terdapat satu atau lebih anggota direksi atau dewan komisaris yang sama.

Afiliasi juga bisa diartikan sebagai hubungan antara perusahaan dan pihak lain, baik langsung maupun tidak langsung, mengendalikan atau dikendalikan oleh perusahaan tersebut, atau hubungan antara perusahaan dan pemegang saham utama.

AFTA

Singkatan Asean Free Trade Area, yaitu suatu sistem perdagangan bebas di kawasan Asia Tenggara yang memberlakukan tidak adanya hambatan tarif (bea masuk 0-5%) maupun hambatan non-tarif bagi negara-negara anggota ASEAN melalui CEPT-AFTA.

AFTA bertujuan meningkatkan daya saing ekonomi negara-negara ASEAN, dengan menjadikan ASEAN sebagai basis produksi pasar dunia, untuk menarik investasi dan meningkatkan perdagangan antar anggota ASEAN.

Agen Pembelian

Agen yang melakukan pembelian atas nama dan untuk kepentingan pihak lain yang menunjuknya, tanpa melakukan pemindahan fisik barang.

Agen Penjualan

Agen yang melakukan kegiatan penjualan atas nama dan untuk kepentingan pihak lain yang menunjuknya, tanpa melakukan pemindahan fisik barang. 

Agen Perjalanan Wisata

Badan usaha yang menyelenggarakan usaha perjalanan, yang bertindak sebagai perantara dalam menjual dan atau mengurus jasa perjalanan.

Agen Pos Koperasi

Fasilitas pelayanan pos seperti penjualan benda pos dan lainnya, yang diselenggarakan oleh koperasi.

Agen

Agen atau pialang, yaitu para perantara yang tidak memiliki hak atas barang-barang yang mereka distribusikan.

Agio Obligasi

Selisih lebih antara harga jual dan nilai nominal obligasi. 

Agro Wisata

Suatu bentuk kegiatan pariwisata yang memanfaatkan usaha agro sebagai objek wisata, dengan tujuan memperluas pengetahuan, pengalaman, rekreasi, dan hubungan usaha di bidang agro atau pertanian.

Agunan

Suatu jaminan tambahan yang diserahkan nasabah debitur kepada pihak bank, dalam rangka pemberian fasilitas kredit atau pembiayaan.

Ahli Pos

Seorang yang memiliki kemampuan atau kepandaian dalam bidang pos, yang dibuktikan dengan surat tanda lulus atau sertifikat pendidikan, sekurang-kurangnya setingkat akademi, atau berpendidikan sekurang-kurangnya tingkat SLTA, dan memiliki pengalaman kerja sekurang-kurangnya tujuh tahun di bidang pos, yang dibuktikan dengan surat keterangan pengalaman kerja dari pejabat yang berwenang memberikannya.

Akad Kredit

Perjanjian dan pemufakatan kredit, tempat kesepakatan antara pemberi dan penerima kredit biasanya dituangkan dalam surat perjanjian kredit.

Akomodasi

Sarana untuk menyediakan jasa perjalanan dan penginapan yang dapat dilengkapi pelayanan makan dan minum, serta jasa lainnya.

Akreditasi

Suatu proses penilaian secara menyeluruh untuk menentukan jenjang status kelembagaan terhadap lembaga pendidikan dan latihan, serta tentang kemampuan yang dimiliki dalam menyelenggarakan pendidikan dan latihan.

Akseptasi Bersyarat

Syarat-syarat yang menyebabkan pemegang wesel dapat atau tidak dapat menguangkan weselnya.

Akseptasi Dagang

Wesel yang ditarik oleh penjual atas pembeli, yang diakses oleh pembeli.

Akses

Jalan masuk, terusan, misalnya akses ke perusahaan, berarti segala sesuatu yang memberikan jalan masuk bagi seorang karyawan untuk dapat memanfaatkan fasilitas yang terdapat dalam perusahaan.