Apa sih GATT itu?

 Apa sih GATT itu?

BIBLIOTIKA - GATT adalah singkatan General Agreement on Tariff and Trade. Yaitu kesepakatan umum yang mengatur tata cara dalam melakukan perdagangan internasional, dan secara khusus ditujukan untuk mengurangi hambatan tarif dan non-tarif dalam praktik perdagangan internasional.

Secara fungsional, GATT merupakan tata cara yang mengatur perilaku (code of conduct), forum untuk negosiasi perdagangan, dan menyelesaikan perselisihan dalam perdagangan. GATT ditujukan untuk membangun perdagangan dunia yang bebas atas dasar yang kokoh, dan dapat menunjang pertumbuhan ekonomi, pembangunan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dunia.

Selain GATT, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia ekonomi, manajemen, dan perbankan umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Gerai Jual

Unit usaha biro perjalanan wisata yang hanya melakukan bagian tertentu dari kegiatan kantor pusat.

Gerakan Koperasi


Keseluruhan organisasi koperasi dan kegiatan perkoperasian yang bersifat terpadu, menuju tercapainya cita-cita bersama koperasi.

Giro Pos

Sarana pelayanan lalu lintas dengan pemindahbukuan melalui pos.

Giro Simpanan

Pada bank, yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan mempergunakan cek, surat perintah pembayaran yang lainnya, atau dengan cara pemindahbukuan (demand deposit). 

Gudang Umum

Gudang yang disewakan untuk keperluan umum (public warehouse).

Hak Cipta


1) Hak khusus bagi pencipta maupun penerima hak untuk mengumumkan dan memperbanyak ciptaannya, atau memberi izin untuk menggunakan haknya dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Hak cipta dianggap sebagai benda yang bergerak, sehingga dapat beralih atau dialihkan seluruhnya maupun sebagian karena pewarisan, hibah, wasiat, dijadikan milik negara, atau perjanjian yang harus dilakukan dengan akta sesuai dengan wewenang yang disebutkan di dalam akta itu;

2) Hak eksklusif dari seorang pencipta untuk memproduksi kembali, menerbitkan, melakukan, memamerkan, atau menjual karyanya sendiri (copyright); hak khusus yang diberikan negara kepada pencipta untuk mengumumkan atau memperbanyak hasil ciptaannya dalam bidang Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Sastra.

Hak Emisi

Hak untuk menerbitkan saham (right issue). 

Hak Milik

Harta tetap perusahaan atau perorangan (property). 

Hak Paten

Hak eksklusif, yang tercatat dari seorang penemu untuk membuat, menggunakan, atau menjual sebuah penemuan.

Hak Paten Desain


Perlindungan tercatat untuk penampilan sebuah produk dan bagian-bagian dari produk yang tak dapat dipisahkan (design patent).

Hak Paten Kegunaan

Perlindungan tercatat untuk sebuah proses atau sebuah fungsi produk yang baru (utility patent).

Hak Suara

Hak pemegang saham untuk mengeluarkan suara dalam rapat umum pemegang saham (option). 

HaKi

Hak atas Kekayaan Intelektual (lihat hak cipta dan paten).

Harga

Nilai uang atau nilai riil suatu sumber daya, barang, atau jasa. Peranan harga dalam ekonomi pasar (market economy) adalah untuk mengalokasikan sumber daya sesuai dengan permintaan dan penawaran; sebagai tambahan, harga-harga relatif yang tercipta di pasar harus sepenuhnya mencerminkan kelangkaan relatif masing-masing sumber daya, barang, atau jasa. 

Harga Bayangan

Harga yang benar-benar mencerminkan biaya oportunitas (opportunity cost) yang sesungguhnya atas suatu sumber daya (resource).

Harga Pokok

Nilai pengorbanan produsen atau pedagang yang diukur dalam saham uang, dan digunakan untuk menghasilkan atau mengadakan suatu barang dan jasa tertentu.

Harga Pokok Penjualan

Biaya untuk memproduksi barang yang terjual.

Harga Rata

Tingkat harga yang diperhitungkan tanpa memperhitungkan jenis, jumlah pemakaian, pembelian, dan sebagainya (flat rate). 

Hari Bayar

Hari saat surat berharga harus diserahkan untuk dilakukan pembayaran (account day). 

Hari Terusan

Hari pertama setelah lima hari penetapan saham (continuation day). 

Harta Kekayaan

Semua benda bergerak atau benda tidak bergerak, baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud.

Hasil Investasi

Penerimaan yang dinyatakan dengan persen, yang diperoleh dari hasil investasi (yield).