Apa Perbedaan Rekening Nostro dan Rekening Vostro?

 Apa Perbedaan Rekening Nostro dan Rekening Vostro

BIBLIOTIKA - Rekening Nostro adalah perkiraan valuta asing bank di dalam negeri pada bank koresponden di luar negeri (nostro account). 

Sedangkan Rekening Vostro adalah perkiraan valuta asing bank koresponden di luar negeri pada bank di dalam negeri (vostro account). 

Selain Rekening Nostro dan Rekening Vostro, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia ekonomi, manajemen, dan perbankan umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Rekening Koran

Rekening yang dipergunakan untuk mencatat utang piutang antara dua orang atau badan usaha yang diperhitungkan secara terus menerus, bentuk skontro adalah yang lazim dipergunakan, jumlah piutang ditulis dalam lajur debet dan jumlah utang ditulis dalam lajur kredit (current account). 

Rekening Pembayaran Jasa/Bunga

Rekening atas nama KSP/USP Koperasi, LKM, Inkubator, Lembaga Modal Ventura, yang dipergunakan untuk menampung seluruh pembayaran jasa/bunga dana MAP.

Rekening Pemupukan Modal

Rekening atas nama inkubator yang dipergunakan untuk menampung dana bagian dari jasa/bunga MAP untuk pemupukan modal dana MAP.

Rekening Penampungan MAP

Rekening yang dibuka atas nama LMVD untuk menampung pembayaran pokok dan bagi hasil dari UKK-PPU, termasuk pembayaran pokok dan bagi hasil yang berasal dari dana padanan LMVD.

Rekening Pengembalian Pokok

Rekening atas nama KSP/USP koperasi yang dipergunakan untuk menampung seluruh pembayaran pengembalian pokok dan MAP dari KSP/USP Koperasi, LKM Inkubator, Lembaga Modal Ventura terhadap jasa/bunga giro yang timbul akan diakumulasikan pada rekening yang bersangkutan.

Rekening Transitoris

Rekening yang saldonya meliputi saldo yang dilaporkan dalam neraca (sebagai aktiva perusahaan), dan saldo yang akan dilaporkan dalam laba rugi (sebagai biaya) misalnya “Rekening Alat Tulis Kantor”. 

Reksa Dana

Wadah investasi yang berisi dana dari sejumlah investor, yang uang di dalamnya diinvestasikan ke dalam berbagai produk investasi oleh sebuah Perusahaan Manajemen Investasi (Mutual Fund). 

Rencana Karya

Pengusahaan pariwisata alam, suatu rencana kegiatan untuk mencapai tujuan pengusahaan pariwisata alam di kawasan yang bersangkutan, yang dibuat oleh pengusaha pariwisata alam, yang didasarkan pada rencana pengelolaan.

Rentabilitas Koperasi

Kemampuan koperasi untuk memperoleh sisa hasil usaha. Rentabilitas di koperasi dihitung dengan rumus: Rentabilitas = SHU/Modal Sendiri x 100%.

Rentabilitas Yang Wajar

Keadaan ketika rasio antara keuntungan dibandingkan kekayaan tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Rasio yang tidak terlalu tinggi dengan maksud bahwa koperasi tidak semata-mata mengejar keuntungan, sedangkan rasio tidak terlalu rendah dengan maksud agar koperasi tersebut dapat tetap berkembang.

Responden

Instansi pemerintah, lembaga, organisasi, orang, dan atau unsur masyarakat lainnya yang ditentukan sebagai objek kegiatan statistik. 

Restore

Suatu proses kegiatan untuk konversi dan penyimpanan data dari objek ke source (data awal).

Restrukturisasi

1) Pengubahan (biasanya pelunakan) syarat-syarat pelunasan utang negara-negara berkembang. Hal ini biasanya dilakukan dengan menurunkan suku bunga, atau memperpanjang masa pelunasan utang tersebut; 2) Penataan kembali/peragaan kembali. Retsrukturisasi usaha berarti penataan kembali berbagai hal yang berkaitan dengan upaya perbaikan usaha.

Retribusi

Pungutan daerah/pusat/instansi sebagai pembayaran atas jasa atau pemberian izin tertentu, yang khusus disediakan dan/atau diberikan oleh pemerintah untuk kepentingan pribadi atau badan.

Risiko

Situasi ketika probabilitas atau kemungkinan terjadinya suatu peristiwa tidak diketahui secara pasti; atau kalau pun probalitasnya diketahui, hal itu tidak cukup untuk memprediksi masa depan atau peristiwa bersangkutan. Dalam penggunaan sehari-hari, situasi yang mengandung kemungkinan akan merugikan orang atau pihak yang terlibat; kerugian yang mungkin diderita, yang di bidang permodalan dibedakan menjadi risiko keuangan, risiko bunga modal, risiko daya beli.

Risiko Bisnis

Risiko kredit karena kemampuan pimpinan perusahaan debitur dalam menjalankan bisnis (business risk).