Apa Perbedaan Bank Dunia dan Bank Sentral?

Apa perbedaan Bank Dunia dan Bank Sentral?

BIBLIOTIKA - Bank Dunia atau World Bank adalah sebuah lembaga keuangan internasional yang dimiliki oleh 148 negara anggota, dan bermarkas besar di Washington, D.C, Amerika Serikat. Salah satu tujuan utama pembentukannya adalah untuk menyediakan dana-dana pembangunan yang sangat dibutuhkan oleh negara-negara Dunia Ketiga (khususnya yang tergolong paling miskin).

Bantuan yang diberikan oleh Bank Dunia biasanya berupa pinjaman-pinjaman dana lunak yang berbunga rendah dan bantuan teknik. Dana-dana yang disalurkan oleh Bank Dunia tersebut merupakan pinjaman dari pihak-pihak lain.

Sedangkan Bank Sentral adalah bank yang memiliki tugas pokok membantu pemerintah dalam mengatur, menjaga, dan memelihara tingkat kestabilan nilai rupiah, mendorong kelancaran produksi dan pembangunan, serta memperluas kesempatan kerja, guna meningkatkan taraf hidup rakyat. Di Indonesia, bank sentral adalah Bank Indonesia. 

Selain Bank Dunia dan Bank Sentral, berikut ini beberapa istilah lain seputar dunia ekonomi, manajemen, dan perbankan umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Bank

Badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan, dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan/atau bentuk-bentuk lainnya, dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

Bank Pembangunan

Lembaga perantara keuangan (financial intermediaries), baik yang dimiliki dan dikelola oleh pihak swasta maupun pemerintah, yang khusus menyediakan kredit-kredit jangka panjang dan jangka menengah, untuk membiayai berbagai macam proyek pembangunan.

Bank Data

Biasa pula disebut Jaringan Informasi Bisnis, yaitu berbagai pusat data bisnis dan sistem informasi bisnis yang dimiliki pemerintah atau swasta.

Bank Islam

Lembaga keuangan yang usaha pokoknya adalah memberikan kredit (pembiayaan) dan jasa-jasa lain dalam lalu lintas pembayaran serta peredaran uang, yang pengoperasiannya disesuaikan dengan prinsip syariat Islam. 

Bank Kliring

Bank peserta kliring yang menerima cek atau bilyet giro, yang dikeluarkan oleh bank lain untuk diselesaikan. 

Bank Komersial

Suatu jenis lembaga keuangan yang melayani berbagai macam jasa finansial, termasuk pula di antaranya menerima deposito dan memberikan pinjaman (loans) atau kredit untuk berbagai tujuan usaha atau tujuan komersial.

Bank Koperasi

Bank yang berbentuk badan hukum koperasi. 

Bank Koresponden

Bank yang berdasarkan perjanjian mempunyai hubungan dengan bank lain, untuk saling memberikan jasa dan/atau melakukan transaksi untuk dan atas nama bank yang berkepentingan. 

Bank Mobil

Suatu bentuk pelayanan bank melalui loket kepada nasabah yang tetap berada di dalam kendaraannya. 

Bank Muamalat

Bank syariah dan institusi ekonomi pertama yang menerapkan sistem syariah di Indonesia.

Bank Pelaksana

Bank yang ditunjuk untuk melaksanakan transaksi tertentu. 

Bank Pembuka

Dalam istilah asing, bank jenis ini disebut Opening Bank atau Issuing Bank, yaitu bank yang membuka surat kredit atas permohonan nasabahnya. 

Bank Penerbit

Bank yang mengeluarkan uang atas permintaan. 

Bank Penerus

Bank yang meneruskan surat kredit kepada pengguna, tanpa terikat pada ketentuan-ketentuan dalam surat kredit yang bersangkutan, dan penerusan tersebut dilakukan setelah diperoleh keyakinan mengenai kebenaran sandi atau tanda tangan pembuka. 

Bank Umum

Bank yang dalam aktivitas pengumpulan dananya terutama menerima simpanan dalam bentuk giro dan deposito, dan dalam usahanya terutama memberikan kredit jangka pendek.

Alat Timbang

Alat yang diperuntukan atau dipakai bagi pengukuran massa atau penimbangan. 

Alat Ukur

Alat yang diperuntukkan atau dipakai untuk tujuan pengukuran kuantitas dan/atau kualitas. 

Aliansi Strategis

Suatu bentuk organisasi yang menghubungkan dua atau lebih ragam bisnis independen dalam sebuah usaha umum.

Amalgamasi

Suatu koperasi yang menggabungkan diri menjadi satu dengan koperasi lain.

B2B

Singkatan dari Business to Business, yaitu hubungan atau transaksi bisnis antar dua pelaku bisnis atau lebih, dengan menggunakan sistem e-commerce.