Apa Perbedaan Aktiva Tetap, Aktiva Lancar, dan Aktiva Produktif?

 Apa Perbedaan Aktiva Tetap, Aktiva Lancar, dan Aktiva Produktif?

BIBLIOTIKA - Aktiva Tetap adalah suatu aktiva berwujud yang bersifat relatif tetap atau permanen, yang dimiliki oleh perusahaan, atau sumber daya yang relatif tetap, yang diharapkan dapat digunakan dalam bisnis.

Aktiva Lancar adalah kas, bank, dan sumber lain yang dapat dicairkan, dijual menjadi uang, atau dipakai hingga habis dalam satu tahun, atau dalam siklus kegiatan normal jika melampaui satu tahun. 

Sedangkan Aktiva Produktif adalah kekayaan perusahaan atau koperasi yang mendatangkan penghasilan bagi koperasi bersangkutan, atau penanaman dana bank (baik dalam rupiah maupun valuta asing dalam bentuk kredit, surat berharga, penempatan dana antar bank, penyertaan, termasuk komitmen dan kontingensi pada transaksi rekening administratif). 

Selain Aktiva Tetap, Aktiva Lancar, dan Aktiva Produktif, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia ekonomi, manajemen, dan perbankan umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Akta Pendirian

Kesepakatan tertulis yang ditandatangani oleh pendiri perusahaan, yang meliputi tujuan, besarnya modal dan pemilikan saham, wewenang dan tanggung jawab pengurus, susunan komisaris, pembagian laba, dan lain-lain.

Akta Pendirian Koperasi

Suatu akta perjanjian yang dibuat oleh para pendiri dalam rangka pembentukan koperasi, dan memuat anggaran dasar koperasi.

Akta Tanggal

Perikatan yang mewajibkan salah satu pihak saja yang mengadakan acara. 

Akta Persekutuan

Suatu dokumen yang menyatakan secara eksplisit mengenai hak dan kewajiban para sekutunya.

Aktiva

Aset atau modal, seperti gedung, peralatan kantor, kendaraan, dan lain-lain.

Aktiva Lancar Modal Kerja

Disebut pula Current Assets Working Capital, yaitu aktiva yang dapat diuangkan, yang dapat diubah dalam bentuk kas, dalam siklus operasional sebuah perusahaan.

Akuisisi

Pengambilalihan kepemilikan suatu bank atau perusahaan oleh perusahaan lain, baik secara tunai atau dalam bentuk penyertaan modal saham. Akuisisi sebuah perusahaan dapat dibiayai dengan pinjaman bank, laba yang ditahan (modal sendiri), pertukaran saham (share swap) dan perusahaan yang sudah go public dilakukan dengan menerbitkan saham baru (right issue).

Akuisisi Keuangan

Suatu pembelian yang nilai bisnisnya berdasarkan potensi menghasilkan kas sendiri dari perusahaan yang akan diperolehnya.

Akuisisi Strategis

Suatu pembelian yang mendasarkan nilai bisnis pada karakteristik perusahaan yang berdiri sendiri, dan sinergi yang terpikir dapat diciptakan oleh pembeli.

Akuitas Internal

Suatu dana yang berasal dari laba yang ditahan dalam sebuah perusahaan.

Akumulasi Modal


Bentuk pengumpulan, penimbunan, atau penambahan dana, yang berasal dari berbagai sumber, baik dari keuntungan maupun dari hasil pinjaman.

Akun Diakui

Jumlah yang diakui oleh suatu pihak sebagai jawaban atas pemintaan penegasan pihak lain. 

Akun Penerima

Kata atau frasa yang lazimnya dicantumkan dalam crossing check untuk pengamanan dalam penyelesaian pembayaran, misalnya untuk kredit rekening.

Akuntabel

Mampu mengerjakan dengan penuh tanggung jawab.

Akuntabilitas

Amanah; mengembangkan dan memelihara kepercayaan; kewajiban untuk memberikan pertanggungjawaban atau menjawab dan menerangkan kinerja dan tindakan seseorang/badan hukum/pimpinan suatu organisasi, kepada pihak yang memiliki hak atau berkewenangan untuk meminta keterangan atau pertanggung jawaban. Akuntabilitas meliputi keberhasilan dan juga kegagalan pelaksanaan misi instansi/organisasi bersangkutan. 

Akuntan

Orang yang mempunyai keahlian di bidang akuntansi. Akuntan dibagi dua, yaitu Akuntan Pemerintah atau Akuntan Negara, dan Akuntan Publik. Akuntan Pemerintah bekerja pada negara, dan Akuntan Publik memberikan jasa profesinya kepada masyarakat. Baik Akuntan Negara maupun Akuntan Publik baru bisa menjalankan profesinya setelah mendapat izin dari Menteri Keuangan.

Akuntansi

Pencatatan mengenai segala kegiatan keuangan, dan pelaporan atas pencatatan tersebut. Akuntansi juga sering disebut Akunting.

Akuntan Publik

Akuntan yang memiliki izin untuk menjalankan pekerjaan sebagai akuntan publik.

Alat Takar

Alat yang diperuntukan atau dipakai bagi pengukuran kuantitas atau penakaran.