6 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

6 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

BIBLIOTIKA - Tekanan darah tinggi bisa disebabkan oleh asupan garam yang tinggi, diabetes, stres, dan lain-lain. Orang yang menderita tekanan darah tinggi sangat disarankan untuk menjaga pola makannya, karena ada banyak makanan yang bisa berpengaruh buruk terhadap penyakit tersebut, atau menjadian tekanan darah semakin tinggi.

Berikut ini adalah makanan-makanan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi.

Buah bervitamin C

Buah-buahan yang kaya vitamin C, semisal jeruk, kiwi, jambu biji, anggur, dan stroberi, baik dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi. Berdasarkan penelitian, takaran vitamin C yang tepat bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Pisang

Selain berfungsi sebagai makanan yang menambah energi, pisang juga bisa dimanfaatkan untuk mengontrol tekanan darah tinggi, jika dikonsumsi dalam jumlah terbatas. Sebaiknya, konsumsi pisang antara 1-2 buah per hari.

Bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang merupakan sumber vitamin C, zat besi, folat, dan magnesium, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Brokoli

Selain bayam, brokoli juga memiliki manfaat yang sama, yaitu membantu menurunkan tekanan darah tinggi, karena mengandung potasium dan krom. Selain itu, brokoli juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah, insulin, dan menyehatkan jantung.

Bawang putih


Untuk mencegah penyakit jantung serta menurunkan tekanan darah tinggi, Anda bisa mengonsumsi bawang putih secara teratur. Bawang putih juga baik dalam mengendalikan penyumbatan di dalam hati.

Tomat

Tomat mengandung antioksidan likopen yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Karenanya, Anda bisa mengonsumsi tomat setiap hari.