5 Makanan Pemberi Energi Sebelum Berolahraga

 5 Makanan Pemberi Energi Sebelum Berolahraga

BIBLIOTIKA - Olahraga membutuhkan energi yang dihasilkan dari makanan yang kita konsumsi. Sayangnya, jika kita makan besar sebelum berolahraga, hasilnya malah tubuh terasa berat untuk digerakkan karena perut merasa kenyang. Berikut ini adalah makanan-makanan yang bisa disantap sebelum berolahraga. Selain membantu menambah energi, makanan-makanan berikut ini juga dapat membantu mengatasi masalah yang biasa ditimbulkan oleh aktivitas olahraga.

Apel

Apel mengandung quercetin yang mampu meningkatkan metabolisme. Penelitian membuktikan, mengonsumsi suplemen quercetin mampu membuat atlet bersepeda bertahan 13 persen lebih lama dalam mengayuh. Karenanya, menikmati apel sebelum berolahraga dapat menjadikan tubuh lebih berenergi.

Kopi

Banyak atlet pelari yang menjadikan kopi sebagai minuman andalan. Penelitian juga membuktikan bahwa kafein dalam kopi mampu memberi stamina pada tubuh, sehingga orang akan lebih mampu bertahan lama ketika berlari.

Jika Anda kebetulan tidak menyukai kopi, Anda bisa menggantinya dengan teh hijau atau susu tanpa gula.

Jahe

Aktivitas olahraga kadang menyebabkan otot terasa nyeri, khususnya jika olahraga yang kita lakukan tergolong berat. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi jahe. Campurkan saja setengah sendok teh jahe bubuk ke dalam minuman teh, kemudian diminum. Penelitian membuktikan, jahe mampu menurunkan rasa nyeri hingga 25 persen.

Jus cherry

Inflamasi sering menyerang otot, dan memicu rasa sakit serta pembengkakan saat akan melakukan olahraga yang berikutnya. Untuk mengatasinya, Anda bisa menikmati jus cherry. Buah cherry mengandung polifenol yang mampu meredakan inflamasi. Berdasarkan penelitian, atlet yang rutin mengonsumsi cherry memiliki kondisi otot yang lebih cepat pulih.

Bit

Bit adalah sayuran yang dapat membantu oksigen lebih cepat tersalurkan pada otot-otot tubuh. Hasilnya, Anda pun tidak akan mudah lelah, sehingga dapat berolahraga secara maksimal.