5 Hal Penyebab Sinyal Handphone Terganggu

5 Hal Penyebab Sinyal Handphone Terganggu

BIBLIOTIKA -Pasti Anda pernah atau bahkan sering mengalami pembicaraan lewat handphone dan tiba-tiba hubungan komunikasi menjadi tersendat atau bahkan terputus secara tiba-tiba. Tentu saja kita menjadi kesal karenanya. Hal seperti itu biasanya terjadi karena adanya gangguan sinyal.

Ada apa dengan sinyalnya? Anda perlu memahami beberapa hal tentang sinyal handphone Anda:

Faktor service provider

Kuat lemahnya sinyal handphone, antara lain tergantung pada service provider telepon yang Anda pakai. Ada service provider yang sinyalnya masih tetap kuat meski kita tengah berada di pelosok. Sebaliknya, ada pula sinyal yang langsung melemah begitu kita bepergian agak di luar kota.

Faktor cuaca


Keadaan-keadaan lain yang juga mempengaruhi kuat lemahnya sinyal adalah cuaca. Saat hujan atau angin kencang, biasanya akan berpengaruh pada sinyal.

Faktor ruangan

Kadangkala, jenis ruangan pun bisa menjadi salah satu penyebab sinyal handphone kita terganggu. Ruangan dengan dinding yang rapat dan kedap suara tentu membuat sinyal menjadi lemah menjangkau handphone kita.

Faktor antena

Antena juga ikut berpengaruh terhadap penerimaan sinyal. Jika antena handphone Anda rusak, segeralah ganti dengan yang baru. Tapi hati-hati, jangan sampai membeli antena palsu karena itu sama saja dengan membuang garam ke laut. Jika antena handphone bisa dipanjangkan, biasanya persoalan ini dapat dipecahkan.

Faktor kerusakan

Bisa jadi sumber masalah berada pada perangkat keras handphone yang dimiliki. Kalau yang terjadi memang demikian, maka urusannya jadi lain. Bukan tak mungkin handphone yang dimiliki itu sudah kelewat tua umurnya atau mengalami kerusakan akibat terjatuh dan lain-lain.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA untuk Anda. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.

Tips Praktis Menguatkan Sinyal Handphone

Bosan dengan sinyal yang sering hilang? Mungkin trik berikut ini dapat membantu memperkuat daya tangkap sinyal handphone anda.

Untuk Anda yang berniat mau menambah daya tangkap sinyal handphone agar lebih baik, silakan coba cara praktis di bawah ini. Dijamin murah meriah dibandingkan jika harus membeli alat yang mahal.  

Ambillah alumunium penutup kaleng susu (bukan kalengnya).

Yang perlu Anda lakukan dengan tutup kaleng susu itu adalah memotongnya sesuai dengan ukuran bagian belakang handset dan baterai. (Jangan sampai mengenai kontak pin handset ke baterai).

Kalau tidak punya alumunium penutup kaleng susu, Anda bisa memanfaatkan wrap alumunium (yang biasanya dipakai untuk bungkus makanan, tapi bukan yang plastik).

Caranya hampir sama seperti di atas, tetapi disarankan didobel atau dirangkap agar menjadi lebih tebal.

Untuk pengguna handphone Nokia seri tertentu, trik ini lumayan juga untuk menjaga baterai agar tidak goyang.