Xavier Niel, Investor Start Up Terkemuka

 Xavier Niel, Investor Start Up Terkemuka

BIBLIOTIKA - Xavier Niel terkenal sebagai investor di dunia start up (bisnis rintisan). Dia lahir pada 25 Agustus 1967 di Créteil, Prancis, dan tumbuh dalam keluarga berkecukupan.

Sejak belia, Xavier Niel sangat menyukai komputer. Pada usia 15 tahun, ayahnya pun membelikannya sebuah komputer, Sinclair ZX81, sebagai kado ulang tahun. Dia segera asyik bermain dengan komputer tersebut, bahkan mulai melakukan inovasi dengan komputernya. Dia berkontribusi membuat layanan untuk Minitel, sebuah perusahaan yang memasok software pada komputer yang beredar di Prancis.

Karena hal itu pula, Xavier Niel kemudian bekerja untuk Minitel saat dia lulus kuliah, dan di sana dia membuat program untuk komputer, di antaranya Minitel Rose dan Peep Shows. Dari kesukaan pada pembuatan program tersebut, Xavier Niel jadi terpikir untuk membuat perusahaan sendiri yang memasok program-program untuk komputer.

Pada 1990, Xavier Niel membeli Fernand Deveter, sebuah program komputer, yang lalu ia kembangkan. Setelah itu, dia mendirikan perusahaan sendiri bernama Iliad. Melalui Iliad, dia kemudian menjadi pemasok program-program untuk komputer yang beredar di Prancis.

Ketika internet mulai tumbuh dan berkembang pesat, Xavier Niel mulai merambah bisnis ISP (Internet Service Provider). Pada 1995, dia membeli Worldnet, sebuah ISP di Prancis, lalu menjualnya pada tahun 2000 dengan keuntungan luar biasa besar. Pada 1999, sebelum menjual Worldnet, Xavier Niel telah membuat Free, sebuah perusahaan penyedia layanan internet miliknya sendiri. Pada perkembangannya kemudian, Free tidak hanya melayani kebutuhan internet, tapi juga saluran televisi.

Sementara itu, Iliad, perusahaan pertama yang didirikannya, kini juga telah tumbuh menjadi perusahaan telekomunikasi, meski tetap aktif bergerak di bidang komputer. Bisa dibilang, investasi-investasi yang dilakukan Xavier Niel terus berhasil, karena ia bergerak seiring kemajuan zaman. Dia menanam investasi-investasinya di tempat-tempat yang ia yakin akan tumbuh.

Kini, Xavier Niel terkenal sebagai investor di dunia online. Dia punya saham di Mediapart dan Backchich, dua perusahaan penyedia informasi di internet. Dia juga memiliki investasi di Deezer, penyedia musik di internet. Karena kesuksesan demi kesuksesan yang telah diraihnya, Xavier Niel pun bertekad untuk menanamkan lebih banyak investasi di dunia start up. Pada saat ini, dia diketahui menanam investasi untuk 50-100 start up setiap tahun.

Dalam sepuluh tahun terakhir, Xavier Niel telah menanamkan sekitar 10 juta euro untuk start up teknologi di internet. Pada 2013, dia membangun sekolah berbasis internet dengan nama Web Developer Academy yang ditujukan untuk 1.000 siswa, tapi yang mendaftar sudah mencapai angka 10.000. Tampaknya, jalan bisnis Xavier Niel masih panjang dan dia juga punya potensi besar untuk terus berhasil seiring kemajuan zaman.

Sebagai pengusaha sukses di bidang internet, Xavier Niel masuk dalam jajaran orang-orang terkaya di dunia, dengan kekayaan sebesar 9,3 miliar dollar.