Wei Jianjun, Raja Otomotif Terbesar Cina

  Wei Jianjun, Raja Otomotif Terbesar Cina

BIBLIOTIKA - Lahir pada 1964 di Baoding, Cina, Wei Jianjun adalah pengusaha yang memimpin Great Wall Motors, perusahaan otomotif terbesar di Cina. Meski terkenal sebagai pengusaha yang kaya-raya, namun sosok Wei Jianjun sangat sulit dilacak, sehingga sulit pula mengetahui kehidupan pribadinya. Yang jelas, saat ini dia masuk dalam jajaran orang-orang terkaya di dunia, dengan kekayaan sebesar 8,9 miliar dollar. Kekayaannya diperoleh dari Great Wall Motors.

Great Wall Motors berkantor pusat di Baoding, Hebei, Cina. Perusahaan itu semula hanya memproduksi truk dan mobil SUV, sampai kemudian mulai memproduksi mobil sedan pada tahun 2008. Lima tahun sebelumnya, pada 2003, Great Wall Motors masuk bursa saham Hong Kong, yang menjadikannya sebagai perusahaan otomotif Cina pertama yang sahamnya juga dimiliki publik.

Pada 2006, produk-produk Great Wall Motors memasuki pasar Eropa dan 60 negara lain di dunia. Bahkan, pada 2011, Great Wall Motors membangun pabrik di Bulgaria, bekerja sama dengan Litex, perusahaan asal Bulgaria. Kini, produk-produk Great Wall Motors meliputi SUV, pick up, city car, compact MPV, dan mobil van.

Berikut adalah nama-nama mobil produksi Great Wall Motors:
  1. SUV (Great Wall Safe, Great Wall Sing, Great Wall Pegasus, dan Great Wall Hover)
  2. Pick-up (Great Wall Wingle, Great Wall Sailor, Great Wall SoCool, dan Great Wall Deer)
  3. City car (Great Wall Coolbear, Great Wall Florid, dan Great Wall Peri)
  4. Compact MPV (Great Wall Cowry)
  5. Van (Great Wall Proteus)

Dalam upaya meluaskan produk-produknya untuk ekspansi dan berkompetisi dengan perusahaan-perusahaan otomotif lain di dunia, Wei Jianjun saat ini mendirikan pusat riset baru berukuran raksasa. Luas bangunannya mencapai 35 kali luas lapangan sepak bola, bertempat di Boading, 160 kilometer dari Beijing. Melalui pusat riset itu, Great Wall Motors pun menambah jumlah insinyur yang bekerja untuk mereka, hingga mencapai 10.000 insinyur.

Pembangunan pusat riset yang sangat besar itu dipicu oleh lonjakan penjualan SUV produksi Great Wall Motors pada tahun 2013. Pada tahun tersebut, penjualan Great Wall Motors mencetak rekor keuntungan berkat lonjakan penjualan SUV yang mencapai angka 90 persen. Selain itu, Wei Jianjun juga percaya bahwa mengembangkan teknologi sendiri akan memungkinkan perusahaannya memiliki lebih banyak hak paten, yang menurutnya sangat penting bagi strategi produk mereka.

Kepada media, Wei Jianjun menyatakan harapannya, “Banyak perusahaan mobil terkemuka di dunia yang berbasis di kota-kota kecil atau di pedesaan. Baoding (markas perusahaan Great Wall Motors) adalah kota kecil, tapi kami percaya akan menjadi perusahaan yang sangat baik.”