Tsai Eng-meng, Orang Terkaya di Taiwan

  Tsai Eng-meng, Orang Terkaya di Taiwan

BIBLIOTIKA - Tsai Eng-meng adalah pengusaha Taiwan, yang memimpin Want Want China Holdings Limited, perusahaan makanan dan minuman ringan. Dia lahir pada 1956, dan mewarisi perusahaan itu dari ayahnya.

Sejarah perusahaan Want Want China Holdings Limited dimulai pada 1962 oleh ayah Tsai Eng-meng, yaitu Jonathan Shuai Qiang Ng. Pada masa itu, Jonathan memproduksi makanan ringan yang dikemas kaleng di Taiwan. Pada 1983, Jonathan bekerja sama dengan Iwatsuka Biskuit Company Limited, perusahaan Jepang yang memproduksi kerupuk dan makanan ringan khas Jepang. Sejak itu, usaha Jonathan pun berkembang dengan produk yang bertambah.

Kemudian, pada 1987, Jonathan memproduksi makanan dan minuman khas Cina dengan merek Want Want, dan memasarkannya di Taiwan. Pada perjalanannya kemudian, usaha Jonathan di Taiwan berkembang pesat, hingga dia mendirikan Want Want China Holdings Limited, dan terus aktif memproduksi berbagai makanan serta minuman lain.

Memasuki 1992, makanan dan minuman produksinya merambah daratan Cina. Pada 1994, Jonathan mendirikan pabrik makanannya di Changsha, Hunan, Cina. Dua tahun kemudian, pada 1996, perusahaan miliknya tercatat di bursa efek Singapura dengan nama Want Want Holdings Pte Ltd.

Ketika usaha itu diwarisi oleh Tsai Eng-meng, dia pun meneruskan usaha tersebut dan mengembangkannya. Pada 2008, Want Want Holdings Pte Ltd terdaftar di bursa efek Hong Kong. Meski begitu, pemegang saham terbesar perusahaan tersebut tetap Tsai Eng-meng, sementara pemegang saham terbesar kedua adalah Iwatsuka Confectionery, yang berbasis di Nagoya, Jepang.

Bisnis yang dikelola Tsai Eng-meng memang tergolong unik. Meski dia orang Taiwan dan tinggal di Taiwan, namun produk-produknya khas Cina, sehingga perusahaan induknya pun menggunakan nama Want Want China Holdings Limited. Bahkan, kantor pusat perusahaan itu ada di Kabupaten Minhang, Shanghai, meski perusahaan induknya ada di Taiwan.

Makanan dan minuman yang diperoduksi Want Want China Holdings Limited di antaranya adalah kue beras dan minuman aneka rasa yang khas Cina, juga kerupuk, dan lain-lain, yang bisa dibilang semua khas Cina. Kenyataannya, makanan-makanan dan minuman ringan itu disukai di Taiwan dan di negara lain, bahkan juga didistribusikan di Cina. Makanan dan minuman itu telah populer di Cina dan Jepang, juga di Taiwan, selama puluhan tahun.

Kini, setelah sukses dengan makanan ringan khas Cina, perusahaan Tsai Eng-meng juga mulai merambah makanan khas Jepang. Karenanya tak mengherankan  kalau pemilik saham terbesar kedua di perusahaannya adalah orang Jepang. Saat ini, Want Want China Holdings Limited mengoperasikan lebih dari 100 pabrik yang ada di Taiwan dan Cina, serta mempekerjakan lebih dari 60.000 karyawan. Sebagai pemilik perusahaan, Tsai Eng-meng masuk dalam jajaran orang-orang terkaya di dunia, dengan kekayaan sebesar 8,9 miliar dollar.

Pada Juli 2012, Want Want China Holdings Limited mengakuisisi China Network Service (CNS), dan Tsai Eng-meng juga diketahui memiliki investasi dalam bentuk saham di beberapa perusahaan jasa, media, hotel, serta real estate.