Siapakah Andrew Beal?

 Siapakah Andrew Beal?

BIBLIOTIKA - Andrew Beal adalah pengusaha yang berbasis di Dallas, Amerika Serikat. Nama lengkapnya Daniel Andrew Beal, dan dia lahir pada 29 November 1952. Dia kuliah di Baylor University dan Michigan State University.

Sejak belia, Andrew Beal telah bercita-cita menjadi pengusaha. Pada waktu remaja, dia telah bekerja sebagai tukang servis televisi. Saat mulai kuliah, dia juga mengerjakan servis dan instalasi alarm perumahan/apartemen. Karirnya dalam bidang real estate dimulai saat dia berusia 19 tahun.

Pada waktu itu, dengan modal yang dikumpulkannya selama bekerja sebagai tukang servis, Andrew Beal bisa membeli rumah seharga 6.500 dollar. Setelah itu, ia menyewakan rumah tersebut seharga 119 dollar per bulan. Dari situlah, karirnya di bidang properti terus berkembang.

Dalam menjalankan bisnis properti, Andrew Beal menggunakan cara yang bisa dibilang sederhana. Dia membeli rumah-rumah yang rusak, merenovasi dan memperbaikinya hingga bagus kembali, lalu menjualnya. Pada 1976, misalnya, dia membeli sebuah gedung apartemen di Waco, Texas, seharga 217.500 dollar. Kondisi apartemen itu tidak bisa dibilang bagus. Andrew Beal memperbaikinya, dan tiga tahun kemudian bisa menjual apartemen itu seharga 1 juta dollar.

Cara itu terbukti berhasil bagi Andrew Beal, dan dia segera terkenal sebagai pengusaha properti yang sukses. Dia terus membeli rumah atau apartemen yang rusak atau hampir roboh, yang tidak diinginkan pengusaha properti lain, lalu Andrew Beal memperbaiki serta merenovasinya, dan berhasil menjualnya dengan harga berkali-kali lipat dari harga beli sebelumnya. Dengan cara itu, dia terus mengumpulkan banyak uang.

Pada 1981, Andrew Beal juga membeli sebuah gedung bernama Brick Towers di Newark, New Jersey. Kondisi gedung itu juga sudah rusak, sehingga pengusaha properti lain tidak berminat. Andrew Beal membeli gedung itu seharga 25.000 dollar. Dua tahun kemudian, setelah diperbaiki, dia berhasil menjual gedung itu seharga 3.200.000 dollar. Dia mendapatkan keuntungan hampir 3 juta dollar!

Sukses dengan bisnis properti, Andrew Beal merambah bisnis perbankan. Pada 1988, dia mendirikan bank di Dallas, bernama Allegiance Savings and Loan Association. Bertahun kemudian, ketika bisnis perbankan yang dimilikinya semakin luas, gedung bank di Dallas itu diubah menjadi gedung Beal Financial, yang menjadi induk operasi Beal Bank, Beal Bank Nevada, CSG Investments Inc., Loan Acquisition Corporation, dan Beal Mortgage Services. Memasuki 1990-an, Andrew Beal meluaskan jaringan perbankan miliknya ke pasar internasional, terutama ke Rusia dan Meksiko.

Selain properti dan perbankan, Andrew Beal juga pernah mencoba memasuki bisnis kedirgantaraan, dengan membangun perusahan bernama Beal Aerospace, yang ditujukan membangun roket dan menempatkan satelit komunikasi di orbit. Perusahaan itu beroperasi di Frisco, Texas, dengan lebih dari 200 karyawan. Tapi bisnis itu sulit berkembang, karena harus bersaing dengan NASA yang dananya didukung pemerintah. Karena itu pula, Andrew Beal menghentikan bisnis tersebut pada 23 Oktober 2000.

Meski begitu, Andrew Beal tak terlalu kecewa. Bagaimana pun, usahanya di bidang properti dan perbankan sangat sukses, bahkan memberinya kekayaan mencapai 11,7 miliar dollar. Karena itu pula, Andrew Beal masuk dalam jajaran orang-orang terkaya di dunia.