Sebelas Jenis Lelaki dan Karakter Mereka (2)

 Sebelas Jenis Lelaki dan Karakter Mereka

BIBLIOTIKA - Seringkali, lelaki jenis ini adalah lelaki yang menjengkelkan sekaligus memuakkan. Memiliki pasangan dari jenis lelaki ini juga seringkali lebih banyak mendatangkan kejengkelan daripada kesenangan. Siapa yang senang berhubungan dengan orang yang akan selalu menimpakan kesalahan pada diri Anda meskipun dia sendiri penyebabnya…?

Lelaki yang egois

Ini tak jauh beda dengan lelaki tipe sok benar di atas, namun lelaki berjenis egois ini lebih memiliki ciri khas; yakni dia lebih mencintai dirinya dibandingkan apapun lainnya. Jadi, kalau Anda berhubungan dengan lelaki ini dan merasa yakin bahwa ia mencintai diri Anda, maka Anda perlu menyadari bahwa cintanya terhadap dirinya sendiri jauh lebih besar dibanding cintanya pada diri Anda.

Karenanya, jangan heran kalau sewaktu-waktu dia akan mudah melepaskan atau memutuskan cintanya dengan Anda jika ia menganggap itu dapat merugikan cintanya kepada dirinya sendiri.

Lelaki yang disebut sebagai tipe lelaki ‘ragabash’ ini adalah jenis lelaki yang sulit berbagi. Baginya, yang penting dan yang paling penting adalah dirinya, dan yang di luar dirinya adalah nomor dua. Lelaki jenis egois ini akan mengukur segala-galanya dari sudut pandangnya sendiri dan akan menilai serta menjatuhkan pilihan dengan dasar pertanyaan besar; apakah ini sesuai dengan keinginanku? Jika jawabannya adalah ‘tidak’ maka dia akan rela melakukan apa saja untuk meninggalkannya, meski itu kekasihnya.

Lelaki yang manja

Ini lelaki yang tidak seperti umumnya lelaki. Kalau lelaki lain lebih menjadi gantungan atau sandaran bagi perempuan pasangannya, maka lelaki bertipe manja ini lebih menjadikan pasangannya sebagai tempat gantungannya atau sandarannya. Rapuh dan lemah, itulah jenis lelaki manja ini.

Dia takut menghadapi masalah, tanggung jawab, serta cenderung menimpakan segala yang terjadi (khususnya yang negatif) pada diri pasangannya. Ini adalah tipe lelaki yang tidak akan ragu untuk menyatakan, “Aku jadi menderita seperti ini karena kamu!”

Ciri paling mencolok dari lelaki yang disebut bertipe ‘fragile’ ini adalah hobinya yang suka mengeluhkan segala sesuatu, khususnya menyangkut apa yang dilakukan oleh pasangannya. Dia akan mudah mengeluhkan bahwa pasangannya kurang perhatian, kurang pengertian, dan kurang segala hal, tak peduli apakah dia sendiri juga telah memberikan semua yang dikeluhkannya itu pada pasangannya.

Kalau perempuan yang terlalu manja seringkali menjadi menjengkelkan alih-alih menyenangkan, maka lelaki yang terlalu manja seringkali menjadi amat sangat menjengkelkan!

Lelaki munafik

Pernahkah Anda bertemu atau kenal dengan seorang lelaki yang nampak kuat dan tegar, memiliki pekerjaan dan kehidupan yang nampaknya berkecukupan, namun juga sekaligus nampak tidak membutuhkan orang lain sama sekali? Kalau Anda berpikir bahwa itu adalah orang yang kuat, hebat dan luar biasa, maka Anda keliru. Salah satu ciri yang seringkali menandai kerapuhan seseorang adalah sikapnya yang menunjukkan seolah dia tidak membutuhkan orang lain sama sekali!

Ini adalah jenis lelaki yang munafik dalam arti yang berbeda dari definisi yang biasa digunakan dalam hubungan lelaki-perempuan. Disebut sebagai tipe ‘tough-fragile’, lelaki ini lebih munafik terhadap dirinya sendiri dibanding kepada orang lain. Dia membutuhkan orang lain—membutuhkan pasangan—namun dia bersikap seolah dia tidak butuh, seolah dia telah cukup hidup sendiri tanpa orang lain.

Menghadapi lelaki jenis ini juga termasuk sulit, karena lelaki ini cenderung tempramental, mudah berubah pikiran, terlalu kritis (dalam hal-hal yang negatif), sekaligus menganggap dan menilai dirinya terlalu tinggi. Menghadapi lelaki ini diperlukan kehatian-hatian yang sangat tinggi karena dia peka, sensitif, dan seringkali mudah meledak.

Lelaki penyaji

Apakah Anda memiliki seorang kekasih yang Anda yakini sebagai lelaki yang baik namun dia sepertinya jarang atau bahkan tak pernah menyatakan perasaan cintanya lewat kata-kata? Jika ya, maka bisa jadi lelaki yang menjadi pasangan Anda tersebut merupakan jenis lelaki yang disebut ‘lelaki penyaji’ atau ‘provider’ ini.

Lelaki dalam tipe ini adalah lelaki yang menganggap bahwa cinta adalah perbuatan, dan bukan sekedar kata-kata. Pernyataan cinta dari lelaki tipe ini lebih suka ia ungkapkan dengan perbuatan dibandingkan dengan sekedar pernyataan verbal.

Karenanya, lelaki ini bisa jadi bukanlah tipe yang romantis, namun Anda akan merasa nyaman bersamanya, karena dia selalu tahu apa yang Anda perlukan dan Anda butuhkan—dan kemudian ia akan berusaha memenuhinya. Hidup dengan lelaki jenis ini adalah hidup dengan perasaan dan perbuatan, bukan hanya sekedar ungkapan verbal. Cinta adalah perbuatan, begitulah filosofi lelaki ini.