Sebelas Jenis Lelaki dan Karakter Mereka (1)

Sebelas Jenis Lelaki dan Karakter Mereka

BIBLIOTIKA - Herman H. Goldstine, seorang psikolog, melakukan riset dan penelitian untuk mengklasifikasikan jenis-jenis lelaki dan bagaimana karakter mereka. Hasil penelitiannya itu kemudian ia ungkapkan dalam sebuah buku berjudul The Dance Away Lover.

Jika Anda wanita dan ingin tahu lelaki seperti apa yang selama ini menjadi kekasih atau pasangan Anda, maka pemaparan berikut ini akan membantu Anda untuk lebih mengenali pribadi lelaki yang selama ini bersama Anda. Setidaknya, ada sebelas jenis lelaki, dan berikut ini adalah rahasia dari karakter-karakter mereka…

Lelaki yang menyenangkan

Lelaki dengan tipe ini disebut sebagai lelaki bertipe ‘pleaser’. Tentu saja ini menjadi sosok yang paling disukai oleh kaum perempuan, karena lelaki yang menyenangkan ini memiliki kepribadian yang memang menyenangkan dan selalu mampu membuat pasangannya merasa senang bersamanya.

Seringkali, tipe lelaki yang menyenangkan ini bukan hanya menyenangkan bagi kekasihnya semata-mata, namun juga bagi orang lain pada umumnya. Meskipun ini terkesan suatu kelebihan, namun ada kalanya hal itu bisa menjadi kekurangan—khususnya bagi kekasihnya.

Pasalnya, lelaki ini seringkali tak bisa membedakan kadar yang tepat menyangkut kebaikan yang ia berikan kepada kekasihnya dan kebaikan yang ia berikan kepada orang lain pada umumya. Akibatnya, lelaki ini pun seringkali membuat perempuan pasangannya menjadi cemburu akibat kebaikannya itu.

Lelaki yang hangat

Ini juga termasuk jenis lelaki yang paling dirindukan oleh kaum perempuan, yakni lelaki yang hangat. Lelaki jenis ini adalah tipe lelaki yang rela mengorbankan apapun demi kebahagiaan perempuan pasangannya—seperti lilin yang rela terbakar demi kehangatan dan sinar penerang dalam kegelapan orang lain. Lelaki jenis ini disebut sebagai tipe ‘disarmer’.

Lelaki yang hangat dapat ditandai dengan sikapnya yang selalu peduli dan penuh perhatian pada perempuan pasangannya, dan berusaha seolah dia menginginkan pasangannya terhindar dari beban pikiran seperti stres dan sakit hati atau semacamnya. Ini adalah jenis lelaki yang lebih menyukai membawakan barang milik pasangannya meski dia juga membawa barangnya sendiri, demi keinginan untuk melihat pasangannya terbebas dari beban yang mungkin dapat ditanggungnya.

Lelaki yang panas

Berbeda dengan lelaki yang hangat, lelaki yang panas lebih cenderung menyusahkan daripada menyenangkan. Ini adalah jenis lelaki yang otaknya hanya terisi pada hal-hal ‘panas’—dan itu tercermin dari sikap dan tingkah lakunya, serta juga pandangan matanya. Lelaki yang bertipe panas ini mungkin menyenangkan dan menggairahkan bagi perempuan-perempuan tertentu, namun yang menjadi masalah adalah; seringkali lelaki yang nampak panas ini tidak sepanas kenyataannya.

Jadi, lelaki ini memiliki api yang menyala-nyala dalam dirinya, namun mudah padam setelah terkena sedikit air. Akibatnya, lelaki yang disebut bertipe ‘anxious ingenue’ ini seringkali menjadi sosok pembosan sekaligus juga membosankan. Sebagaimana api yang menyala-nyala, dia seringkali tak pernah memperhitungkan waktu dan tempat untuk ‘membakar’. Susahnya, meskipun begitu, dia juga mudah sekali untuk dipadamkan sebelum sesuatu yang dibakarnya benar-benar panas. Susah, kan?

Lelaki perayu

Perempuan memang suka dirayu, namun hati-hati dengan lelaki yang suka sekali merayu. Menurut Herman Goldstine, lelaki perayu ini termasuk dalam kategori ‘dance away lover’, maksudnya; lelaki jenis ini seringkali hanya mau enaknya saja. Dia akan merayu habis-habisan untuk dapat memperoleh sesuatu yang diinginkannya, namun dia akan pergi begitu saja setelah keinginannya itu tercapai.

Ini adalah jenis lelaki yang sangat menjauhi hubungan yang bersifat emosional atau ikatan komitmen yang jelas dengan seseorang. Bagi lelaki tipe ini, hubungan yang sesaat dengan banyak orang lebih menyenangkan dirinya dibandingkan hubungan jelas dengan satu orang. Akibatnya ya itu tadi; dia paling hobi merayu—dan menundukkan perempuan yang diinginkannya.

Kalau Anda jenis perempuan yang suka dirayu, hati-hati dengan jenis lelaki yang nampak begitu hobi dalam merayu.

Lelaki yang sok benar

Dalam terminologi Herman Goldstine, lelaki jenis ini dinamakan sebagai tipe ‘prize winner’. Ini adalah jenis lelaki yang menganggap bahwa dirinya selalu benar, dan tak pernah salah, khususnya dalam hal hubungannya dengan seorang perempuan.

Jadi, dalam otak lelaki ini, yang salah dan yang kacau itu adalah segala hal di luar dirinya. Kalau ada sesuatu yang tak beres, maka menurutnya itu terjadi di luar dirinya. Kalau ada sesuatu yang salah dan merepotkan, maka itu bukan tanggung jawabnya. Tak peduli apakah dia penyebabnya ataukah bukan, lelaki ini tak pernah menganggap dirinya salah atau bertanggung jawab atas suatu ketidakberesan.

Baca lanjutannya: Sebelas Jenis Lelaki dan Karakter Mereka (2)