Pierre Castel, Pengusaha Minuman Terbesar Eropa

 Pierre Castel, Pengusaha Minuman Terbesar Eropa

BIBLIOTIKA - Lahir pada 1926 di Swiss, Pierre Castel terkenal sebagai pengusaha aneka minuman di bawah bendera Castel Group. Nama lengkapnya Pierre Sebastian Castel, dan perusahaan miliknya, Castel Group, menjadi perusahaan minuman terbesar di Eropa.

Bisnis Pierre Castel dimulai sebagai usaha keluarga. Pada masa lalu, keluarganya berdagang anggur yang dihasilkan lahan milik sendiri. Perdagangan anggur itu kemudian berkembang menjadi usaha minuman anggur. Jika semula hanya menjual anggur sebagai buah, keluarga Pierre Castel mulai menjual anggur sebagai minuman dalam botol. Usaha itu pun tumbuh dan membesar. Pada 1949, Castel Group dilahirkan sebagai perusahaan yang bergerak di bidang minuman anggur.

Setelah usaha itu dikelola Pierre Castel pada era 1950-an, dia membeli lahan-lahan untuk memproduksi lebih banyak anggur, bahkan mengakuisisi perusahaan-perusahaan produsen minuman seperti Chateau de Goelane dan Bordeaux Superieur pada 1957. Pada 1998, dia juga mengakuisisi jaringan distributor yang khusus mendistribusikan minuman anggur.

Castel Group memproduksi minuman-minuman anggur dengan merek de Lestac, Roche Mazet, Vieux Papes, dan La Villageoise, yang semuanya menjadi merek-merek kelas atas. Memasuki 2008, Castel Group melakukan ekspansi ke berbagai wilayah Prancis dan memasuki negara-negara berbahasa Inggris, Eropa Timur, dan Asia Timur.

Pada 2015, Castel Group telah memiliki 1.400 hektar kebun anggur di Prancis, dan 1.600 hektar kebun yang ada di Maroko, Tunisia, dan Ethiopia di Afrika. Kebun-kebun anggur itu menghasilkan 649 juta botol anggur per tahun, yang menguasai 79 persen pasar anggur di Prancis.

Tapi usaha Castel Group tidak hanya anggur. Pada 1990, perusahaan itu juga telah merambah bisnis minuman bir, dengan membeli perusahaan Brasseries et Glacières Internationales (BGI) di Afrika. Empat tahun kemudian, pada 1994, Castel Group juga memasuki bisnis minuman ringan (bersoda), dengan mendirikan perusahaan bernama La Société de Limonaderies et Brasseries d’Afrique (SOLIBRA).

Untuk meluaskan usaha minuman ringan, Castel Group juga mengakuisisi perusahaan Brasseries du Maroc, Brasseries, dan Nouvelle Brasserie de Madagascar—tiga perusahaan minuman yang ada di wilayah Madagaskar.

Kini, di samping memproduksi anggur yang telah menguasai pasar Prancis, Castel Group juga memproduksi 28 juta liter bir dan minuman ringan setiap tahun, yang menguasai pasar Afrika.

Selain memimpin perusahaan miliknya sendiri, Pierre Castel juga menjadi CEO di perusahaan Patriarche, menjadi presiden di Cassiopee Limited, dan mendirikan perusahaan lain bernama Castel-Freres—semuanya bergerak di bidang minuman anggur, pembuatan bir, dan minuman ringan berkarbonasi. Atas semua bisnisnya tersebut, dia memiliki kekayaan mencapai 9,9 miliar dollar, dan menjadi salah satu orang terkaya di dunia.