Meijer Bersaudara, Penguasa Supermarket AS

  Meijer Bersaudara, Penguasa Supermarket AS

BIBLIOTIKA - Meijer Bersaudara adalah kakak beradik Hank Meijer dan Doug Meijer, yang saat ini menjadi pemilik Meijer Inc., perusahaan yang mengelola rantai supermarket yang berbasis di Michigan, dan memiliki jaringan operasi di berbagai tempat lain di Amerika Serikat.

Cikal bakal Meijer Inc. dimulai oleh kakek mereka, yaitu Hendrik Meijer, pada 1934. Hendrik Meijer adalah imigran Belanda. Di Amerika, dia semula bekerja sebagai tukang cukur. Ketika masa Depresi Besar (jatuhnya harga-harga saham di AS) melanda Amerika, orang-orang kesulitan membeli barang kebutuhan sehari-hari. Pada waktu itu, Hendrik Meijer terpikir untuk membuka toko kelontong dengan nama Meijer di Greenville, Michigan.

Toko kelontong itu segera berkembang, karena menyediakan berbagai barang kebutuhan dengan harga murah. Ketika Hendrik Meijer meninggal dunia, toko kelontong itu diwarisi anaknya, yaitu Frederik Meijer. Dia pun meneruskan dan mengembangkan toko kelontong warisan ayahnya, hingga makin besar dan berkembang.

Seiring berjalannya waktu, toko kelontong itu mulai memiliki cabang di tempat-tempat lain. Pada 1960, jaringan toko Meijer telah berdiri sebanyak 24 buah di wilayah Michigan. Dua tahun kemudian, pada 1962, Frederik Meijer mendirikan toko lain yang jauh lebih besar dan lebih lengkap di kawasan Kalamazoo Avenue Grand Rapids, Michigan, dan sejak itulah rantai toko kelontong Meijer berubah menjadi rantai hypermarket.

Di toko baru tersebut, Frederik Meijer memperkenalkan konsep one-stop shopping; pelanggan bisa membeli bahan makanan, pakaian, mainan, dan lain-lain, di toko yang sama. Sejak itu, jaringan hypermarket Meijer terus tumbuh meraksasa. Memasuki tahun 1990, Frederik Meijer menyerahkan kepengurusan bisnis tersebut kepada dua putranya, yaitu Hank Meijer dan Doug Meijer. Bisa dibilang, kakak beradik itu tinggal meneruskan yang sudah ada.

Pada 25 November 2011, Frederik Meijer meninggal dunia, dalam usia 91 tahun. Secara otomatis, seluruh kekayaan dan perusahaannya diwarisi oleh Hank dan Doug Meijer. Dua tahun kemudian, pada 2013, Hank dan Doug Meijer membangun hypermarket paling megah di kawasan Swartz Creek, Michigan, sebagai penghormatan untuk ayah mereka.

Nama asli Hank Meijer adalah Hendrik Meijer. Dia lahir pada 1952, dan lulus dari University of Michigan pada 1973. Dia menjabat sebagai co-chairman dan CEO di jaringan hypermarket Meijer. Sedangkan Doug Meijer lahir pada 1955, dan juga mendapat pendidikan di University of Michigan. Dia menjabat sebagai co-chairman di jaringan hypermarket Meijer.

Pada saat ini, jaringan hypermarket Meijer telah mencapai 213 buah, yang tersebar di berbagai wilayah Amerika Serikat, khususnya Michigan, Indiana, Illinois, Ohio, Kentucky, Wisconsin, dengan jumlah karyawan mencapai 72.200 orang. Jaringan hypermarket itu menyediakan aneka produk pakaian, produk kesehatan dan kecantikan, mainan, peralatan olahraga, elektronik, peralatan rumah tangga, berbagai produk makanan, hingga bensin, dan lain-lain.

Pada 2014, majalah Forbes memasukkan Meijer Inc. sebagai salah satu perusahaan swasta terbesar di Amerika. Sementara Hank dan Doug Meijer diketahui memiliki kekayaan gabungan sebesar 10,7 miliar dollar, sehingga nama mereka masuk dalam daftar orang-orang terkaya di dunia.