Massimiliana Landini Aleotti, Raksasa Farmasi dari Italia

Massimiliana Landini Aleotti, Raksasa Farmasi dari Italia

BIBLIOTIKA - Massimiliana Landini Aleotti adalah istri Alberto Aleotti, pemilik perusahaan Menarini yang menjadi perusahaan farmasi terbesar di Italia. Ketika Alberto Aleotti meninggal dunia pada Mei 2014, perusahaan tersebut diwariskan kepada istrinya. Karenanya, nama Massimiliana Landini Aleotti pun masuk dalam jajaran orang-orang terkaya di dunia, karena memiliki kekayaan—yang merupakan warisan suaminya—sebesar 10,4 miliar dollar.

Bisa dibilang, nama Massimiliana Landini Aleotti semula tidak dikenal dunia. Namanya baru dikenal setelah menerima warisan suaminya, dan menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Lebih dari itu, sosok Alberto Aleotti pun bisa dibilang tidak terlalu dikenal, selain fakta bahwa dia memulai karirnya di perusahaan Menarini pada 1964.

Semula, Menarini bukan milik Alberto Aleotti. Dia hanya bekerja di perusahaan tersebut, dan membantu melakukan ekspansi internasional pada era 1970-1980-an. Sampai kemudian, pada awal 1990-an, perusahaan Menarini dijual pemiliknya. Daripada jatuh ke tangan orang lain, Alberto Aleotti memutuskan untuk membeli perusahaan tersebut, dan sejak itulah dia mengendalikan perusahaan itu sepenuhnya.

Di tangan Alberto Aleotti, Menarini tumbuh menjadi perusahaan farmasi yang terkemuka, dengan 14 pabrik yang mempekerjakan 16.000 karyawan. Pada 2014, perusahaan itu menghasilkan pendapatan sebesar 3,8 miliar dollar. Sayangnya, pada 2014 pula, Alberto Aleotti meninggal dunia pada usia 91 tahun. Perusahaannya itu pun kemudian jatuh ke tangan sang istri, Massimiliana Landini Aleotti dan dua anaknya.

Alberto Aleotti dan Massimiliana Landini Aleotti memiliki dua anak, yaitu Lucia dan Giovanni. Pada 1992, Lucia—si sulung—mulai bergabung dengan perusahaan Menarini. Kemudian, pada 2010, seiring kesehatannya yang makin memburuk, Alberto Aleotti menyerahkan kepemimpinan Menarini pada Lucia. Seiring dengan itu, Giovanni—anak kedua—juga mulai masuk ke perusahaan, dan menjadi wakil Lucia.