Makanan yang Ramah untuk Lingkar Pinggang

 Makanan yang Ramah untuk Lingkar Pinggang

BIBLIOTIKA - Mengonsumsi makanan sehat saja kadang tidak cukup, karena terlalu banyak makan bisa menyebabkan pinggang melebar. Artinya, meski makanan yang kita konsumsi adalah makanan-makanan sehat, bukan berarti kita akan terbebas dari masalah timbunan lemak, jika kita berlebihan memakannya.

Solusi yang terbaik tentu makan dalam jumlah secukupnya, tidak sampai kekenyangan, agar tubuh selalu sehat dan pinggang tetap ramping. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan-makanan yang mampu membantu menjaga pinggang tetap ramping, seperti yang disebutkan di bawah ini.

Buah beri

Buah-buah beri, misalnya stroberi, mengandung antioksidan dan vitamin C yang ampuh dalam melawan penyakit dan mempercantik kulit. Selain itu, buah beri juga mengandung asam ellagic yang terbukti mampu mengurangi keriput akibat paparan sinar matahari. Sementara raspberry mengandung serat dan berkhasiat menurunkan kolesterol jahat, serta membantu melangsingkan tubuh.

Kacang-kacangan


Kacang mengandung lemak baik yang ampuh dalam merampingkan badan. Semua jenis kacang-kacangan adalah makanan yang ramah bagi lingkar pinggang, karena rendah kalori dan rendah lemak. Kacang kenari, misalnya, juga merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan. Sementara kacang almond sangat ampuh dalam memblokir kalori, dan merupakan sumber serat juga protein yang ampuh melawan rasa lapar.

Popcorn

Popcorn mengandung polifenol, antioksidan yang membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung. Selain itu, popcorn juga membantu merampingkan badan. Jika ingin menikmati popcorn, sebaiknya pilih rasa popcorn yang tawar.

Yoghurt

Yoghurt, khususnya yang rendah lemak atau bebas lemak, adalah sumber protein dan kalsium. Jika dikonsumsi setiap hari, yoghurt bisa membantu mengontrol berat badan.

Oatmeal

Gandum, yang merupakan bahan dasar oatmeal, mengandung serat dan selenium yang berfungsi menurunkan kolesterol dan melindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari.

Telur

Meskipun mengandung lemak jenuh dan kolesterol, kuning telur juga mengandung vitamin D dan nutrisi lain yang baik untuk mata. Selain itu, telur mengandung protein tinggi namun rendah kalori.

Asparagus

Asparagus mengandung vitamin C dan folat, namun rendah gula. Karenanya, sayuran ini pun baik untuk kesehatan jantung, dan menjaga kerampingan pinggang.

Susu skim

Dibanding susu full cream yang tinggi lemak, susu skim jauh lebih baik karena aman dikonsumsi tanpa khawatir bertambah berat badan.

Jamur

Jamur mengandung antioksidan namun rendah kalori. Karenanya, mengonsumsi jamur tidak hanya baik untuk menjaga berat badan, namun juga baik untuk kesehatan kulit.

Brokoli

Sama seperti jamur, brokoli mengandung antioksidan tinggi namun rendah kalori. Selain itu, brokoli juga mudah didapatkan dan bisa diolah dalam berbagai sajian.

Wortel

Tidak hanya mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, wortel juga termasuk makanan yang mampu membantu merampingkan pinggang, dan menjaga berat badan.

Kubis


Kubis mengandung vitamin C yang lebih banyak dibanding jeruk. Selain itu, kubis mengandung banyak nutrisi namun rendah kalori.

Plum


Buah plum memiliki rasa manis, namun rendah kalori. Karenanya, dibanding buah-buahan lain, plum lebih ramah untuk lingkar pinggang.

Kopi

Kopi sangat ampuh dalam membantu metabolisme dan membakar lemak tubuh lebih cepat. Disarankan untuk memilih kopi yang murni dan berwarna hitam.