Makanan yang Perlu Dikonsumsi Saat Diet

Makanan yang Perlu Dikonsumsi Saat Diet

BIBLIOTIKA - Apa makanan yang biasa Anda konsumsi dan selalu Anda jauhi selama menjalani diet? Dalam upaya menjalani diet sehat, yang bertujuan menurunkan berat badan, orang biasanya pantang mengonsumsi makanan-makanan tertentu karena dipercaya dapat menambah berat badan. Coba cek makanan berikut ini, apakah ada makanan yang juga Anda jauhi.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang justru perlu dikonsumsi saat diet, karena memberikan dampak positif pada diet yang sedang Anda jalani.

Pasta

Pasta, khususnya yang berbahan tepung gandum, memiliki sifat menurunkan kalori dan tidak terlalu banyak mengandung karbohidrat. Anda bahkan bisa mengganti konsumsi nasi dengan pasta, untuk tetap dapat memperoleh asupan karbohidrat cukup ketika sedang berupaya menurunkan berat badan.

Kentang

Bisa dibilang, kentang nyaris tidak memiliki pengaruh apa pun dalam hal meningkatkan atau menurunkan berat badan. Dalam penelitian terungkap bahwa berat badan tetap bisa turun, meski orang terus mengonsumsi kentang atau sama sekali tidak mengonsumsinya. Meski begitu, sebaiknya Anda mengonsumsi kentang, karena mengandung kalium dan vitamin C yang baik untuk tubuh.

Buah-buahan

Buah-buahan adalah makanan yang wajib dikonsumsi dalam upaya menjaga kesehatan, terlepas Anda sedang diet atau tidak. Ketika sedang menjalani diet, Anda tetap harus mengonsumsi buah-buahan. Buah apa pun mengandung banyak kebaikan bagi kesehatan tubuh, termasuk meningkatkan sistem kekebalan, menyeimbangkan tekanan darah, membersihkan racun dari dalam tubuh, dan lain-lain.

Selai kacang

Jika Anda sering tergoda untuk ngemil, Anda bisa memilih selai kacang sebagai camilan sehat. Bukannya menambah berat badan, selai kacang justru dapat membantu menurunkan berat badan. Penelitian telah membuktikan, bahwa penikmat selai kacang berisiko lebih rendah terkena obesitas. Meski begitu, Anda cukup mengonsumsi selai kacang sebanyak dua sendok makan setiap hari.

Cokelat

Banyak orang menjauhi cokelat ketika menjalani diet, karena meyakini cokelat dapat menambah berat badan. Anda tidak perlu serepot itu. Selama dikonsumsi dalam batas wajar, atau tidak berlebihan, cokelat tidak menimbulkan masalah dengan berat badan. Bahkan cokelat hitam atau dark chocholate memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh.