Makanan yang Membuat Kenyang Lebih Lama

Makanan yang Membuat Kenyang Lebih Lama

BIBLIOTIKA - Ngemil adalah aktivitas yang menyenangkan, sehingga banyak orang menjadikan ngemil sebagai kebiasaan. Yang kadang jadi masalah, kebiasaan ngemil menjadikan berat badan naik, dan kemudian orang pun menyesalinya. Namun, menghilangkan kebiasaan ngemil sering kali tidak semudah yang dibayangkan.

Salah satu penyebab orang ngemil sering kali karena perutnya memang lapar. Karena perut terasa lapar, orang pun berusaha mencari sesuatu yang bisa dimakannya, meski hanya makanan ringan, dan dari situlah sering kali kebiasaan ngemil dimulai. Karenanya, salah satu upaya penting untuk menghindarkan kebiasaan ngemil adalah menjaga perut tetap kenyang dalam waktu lama, sehingga tidak tergoda untuk ngemil.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa membantu perut Anda kenyang lebih lama, tanpa harus membuat Anda khawatir dengan berat badan.

Oatmeal

Jika Anda suka ngemil pada siang hari antara jam makan pagi dan makan siang, oatmeal bisa menjadi satu solusi. Menjadikan oatmeal sebagai menu sarapan akan membantu perut Anda tetap kenyang, dan Anda tetap berenergi sampai tiba waktu makan siang.

Sup

Jika Anda suka ngemil pada malam hari, khususnya menjelang tidur, maka sup bisa dijadikan solusi. Saat makan malam, Anda bisa menggunakan sup sebagai menu. Kandungan berbagai sayur di dalamnya mampu membuat Anda kenyang cukup lama, sehingga Anda tidak tergoda untuk ngemil sampai waktunya tidur.

Kacang-kacangan

Jika hasrat untuk ngemil terasa tak tertahankan, karena telah menjadi kebiasaan cukup lama, maka kacang-kacangan bisa dijadikan pilihan camilan yang sehat. Selain kaya serat, kacang-kacangan juga mengandung karbohidrat kompleks dan protein yang bersifat mengenyangkan.

Jeruk

Selain kacang-kacangan, Anda juga bisa menjadikan jeruk sebagai camilan sehat. Selain mengandung banyak air, jeruk juga kaya serat dan mampu menunda rasa lapar Anda.

Apel

Apel mengandung serat dan memiliki manfaat dalam melancarkan pencernaan. Selain membantu Anda merasa kenyang lebih lama, apel juga bisa membantu Anda mengontrol nafsu makan, jika dikonsumsi sekitar 20 menit sebelum makan.

Popcorn

Anda bisa membuat popcorn sendiri di rumah, jika menginginkan makanan ringan ini sebagai camilan sehat. Buatlah popcorn tanpa rasa, dan nikmatilah sebagai camilan sehat yang mengenyangkan.

Kentang

Banyak orang menjadikan roti sebagai camilan. Padahal kentang bisa membuat kenyang tiga kali lipat dibanding roti. Anda bisa menjadikan kentang panggang dengan kulitnya sebagai camilan yang sehat dan mengenyangkan.