Makanan yang Membantu Menurunkan Berat Badan

Makanan yang Membantu Menurunkan Berat Badan

BIBLIOTIKA - Diet untuk tujuan menurunkan berat badan tidak berarti hanya mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi, namun juga memperhatikan makanan-makanan yang dipilih untuk dikonsumsi. Bagaimana pun, makanan yang tidak mengandung gizi tidak memberi manfaat apa-apa bagi tubuh. Sebaliknya, makanan yang tepat, meski hanya dikonsumsi dalam jumlah terbatas, tetap memberi manfaat dalam menunjang kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa dipilih untuk membantu menurunkan berat badan.

Susu tanpa lemak

Studi yang dipublikasikan di Journal of Obesity menyatakan, bahwa kombinasi vitamin D dan kalsium dalam susu tanpa lemak tidak hanya mampu menurunkan berat badan, namun juga memperkuat otot-otot tubuh.

Apel

Apel mengandung serat yang tinggi, dan kandungan serat itu membuat Anda merasa tetap kenyang, sehingga mampu menahan Anda untuk tidak makan berlebihan. Karenanya, rutin mengonsumsi apel bisa membantu menurunkan berat badan.

Sereal gandum


Tak jauh beda dengan apel, sereal gandum juga mengandung serat yang tinggi, yang mampu membuat Anda merasa kenyang dalam waktu lama. Menikmati sereal sebagai menu sarapan bisa menghindarkan Anda dari kebiasaan ngemil sebelum makan siang.

Kayu manis

Jika kadar gula dalam tubuh kita seimbang, maka keinginan untuk makan pun dapat ditekan sehingga berat badan ideal. Dalam hal itu, kayu manis mampu membantu menyeimbangkan kadar gula dalam sistem metabolisme tubuh kita. Anda bisa mencampurkan kayu manis ke dalam minuman atau makanan yang dikonsumsi.

Almond

Saat dikonsumsi, kacang almond menyuplai protein pada tubuh, dan membantu meningkatkan energi, serta menjaga kadar gula dalam darah tetap seimbang.

Telur

Telur mengandung nutrisi penting yang membuat Anda berenergi, serta merasa kenyang dalam waktu lama. Hasilnya, hasrat untuk ngemil akan tertahan, dan berat badan Anda akan terjaga.

Cokelat

Banyak yang mengira cokelat adalah makanan yang bisa menambah berat badan. Kenyataannya, cokelat tidak menambah berat badan jika dikonsumsi dalam batas wajar atau tidak berlebihan. Bahkan, sebaliknya, cokelat mampu membantu berat badan selalu terjaga, selain memberi manfaat bagi kesehatan.

Wine

Wine mengandung senyawa resveratrol yang merupakan antioksidan yang berfungsi mengontrol insulin dalam tubuh, dan mencegah obesitas serta penyakit diabetes. Wine juga mampu menurunkan berat badan, jika dikonsumsi dalam batas wajar.

Produk susu

Susu atau produk susu, semisal yoghurt dan keju, bisa membantu menurunkan berat badan, asal dipilih yang rendah lemak.

Meski begitu, bukan berarti lemak tidak baik untuk tubuh. Ada jenis lemak baik yang justru bisa dikonsumsi untuk tujuan menurunkan berat badan, karena mampu mengusir lemak jahat dari tubuh. Lemak baik bisa didapatkan dari minyak zaitun, kacang, alpukat, dan ikan.