Makanan yang Membantu Mendinginkan Tubuh

Makanan yang Membantu Mendinginkan Tubuh

BIBLIOTIKA - Pada musim panas atau kemarau, badan biasanya mudah berkeringat. Banyaknya keringat yang keluar menjadikan tubuh kita mudah kekurangan cairan. Akibatnya, kita pun mudah haus, sebagai sinyal tubuh yang memberitahu agar kita lebih banyak minum untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Agar tidak mengalami dehidrasi, kita memang perlu banyak minum, khususnya di saat kemarau. Jika minum air putih dirasa hambar dan kurang menyenangkan, berikut ini alternatif makanan yang bisa Anda pilih.

Semangka

Sembilan puluh persen kandungan semangka adalah air. Karenanya, semangka adalah pilihan yang bagus untuk membantu mendinginkan tubuh, serta mengisi ulang cadangan elektrolit tubuh yang hilang karena keringat akibat musim panas. Selain sangat nikmat dikonsumsi di saat panas, semangka juga mengandung vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Selada

Selada atau mentimun adalah pilihan lain yang bisa dikonsumsi untuk membantu mendinginkan tubuh akibat musim panas. Selada mengandung 95 persen air, sehingga mampu membantu tubuh kita mendapatkan asupan cairan untuk tetap terhidrasi.

Daun mint

Anda bisa menambahkan daun mint dalam minuman atau salad. Kesegaran mint akan memberikan kesejukan pada mulut dan tubuh Anda setelah banyak berkeringat.

Makanan pedas


Mungkin agak mengherankan jika makanan pedas disarankan untuk membantu mendinginkan tubuh. Kenyataannya, makanan pedas akan merangsang keringat, yang akan membantu menjaga tingkat termoregulasi, yaitu mempertahankan suhu internal tubuh agar berada dalam kisaran yang dapat ditolelir. Dengan kata lain, mengonsumsi makanan pedas mampu menurunkan suhu tubuh.