Makanan yang Membantu Anda Tidak Mudah Lapar

 Makanan yang Membantu Anda Tidak Mudah Lapar

BIBLIOTIKA - Banyaknya kesibukan atau padatnya aktivitas yang harus dijalani dalam sehari-hari sering kali menjadikan Anda merasa mudah lapar. Munculnya rasa lapar bisa terjadi karena tubuh mulai kehilangan energi dan membutuhkan pasokan energi baru dalam bentuk makanan. Yang kadang menjadi masalah, berat badan bisa terus bertambah jika terlalu sering makan akibat mudah lapar.

Untuk mengatasi masalah semacam itu, Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan yang membantu agar tidak mudah lapar, namun dapat menyuplai energi yang dibutuhkan tubuh. Berikut ini di antaranya.

Apel

Kandungan air dan serat yang tinggi di dalam apel membantu Anda merasa kenyang dalam waktu lama setelah memakannya. Selain itu, apel juga secara alami memiliki manfaat dalam menekan nafsu makan.

Telur

Diolah dalam bentuk apa pun, telur adalah makanan yang dapat membantu tubuh Anda merasa kenyang dalam waktu lama setelah memakannya. Telur merupakan sumber protein yang memuaskan nafsu makan dengan cepat.

Oatmeal

Anda bisa menjadikan oatmeal sebagai menu sarapan. Mencampurkan oatmeal dengan susu skim panas, misalnya, akan membantu Anda merasa kenyang hingga datang waktu makan siang. Selain itu, oatmeal dapat membantu menurunkan berat badan, bahkan direkomendasikan oleh ahli kesehatan serta kebugaran.

Ikan

Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang meningkatkan metabolisme dan menurunkan kolesterol. Kandungan itu tidak hanya membantu kesehatan lebih baik, namun juga membantu Anda tidak mudah lapar.

Sup

Sup yang berisi sayuran ditambah irisan daging ayam bisa membuat Anda merasa kenyang, meski tidak menambahkan nasi saat mengonsumsinya.

Kacang

Jika Anda membutuhkan camilan di sela-sela kesibukan, kacang bisa dijadikan pilihan. Kacang sangat ampuh dalam menghilangkan rasa lapar. Anda bisa memilih kacang almond atau kenari, karena sangat sehat dan tidak menambahkan lemak apa pun untuk tubuh Anda.

Popcorn

Selain kacang, popcorn juga bisa dijadikan sebagai pilihan camilan. Popcorn dapat mengenyangkan, karena terbuat dari jagung yang merupakan sumber karbohidrat. Meski bentuknya snack, popcorn bisa membuat Anda tidak mudah lapar.

Buah-buahan

Selain menunjang kesehatan tubuh, buah-buahan juga dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Untuk tujuan itu, Anda bisa memilih jeruk, pepaya, jambu, atau nanas, yang mengandung banyak vitamin C.

Yoghurt

Mengonsumsi yoghurt tidak hanya menyegarkan, namun juga membuat perut merasa kenyang. Anda bisa mengombinasikannya dengan buah-buahan, untuk menambah rasa nikmat dan nutrisi.

Sayuran berdaun hijau


Penyebab salad banyak menggunakan sayur berdaun hijau karena membuat orang merasa kenyang untuk jangka waktu yang panjang. Mengonsumsi semangkuk besar salad berisi selada, bayam, dan sayuran lainnya, bisa membantu Anda mengatasi kelaparan sepanjang hari. Ketika Anda harus begadang atau lembur, salad juga bisa dijadikan pilihan terbaik, karena tidak menambahkan lemak untuk tubuh Anda.