Makanan yang Bisa Memperbaiki Suasana Hati

  Makanan yang Bisa Memperbaiki Suasana Hati

BIBLIOTIKA - Bad mood bisa terjadi kapan saja dan menyerang siapa saja, dengan berbagai alasan atau penyebab. Kalau emosi Anda terasa tidak menentu dan cenderung sedih tanpa alasan jelas, artinya Anda sedang mengalami bad mood atau suasana hati yang memburuk.

Sebagian orang mengatasi bad mood dengan belanja atau jalan-jalan ke mall, sebagian lain berusaha memperbaiki suasana hati dengan cara menikmati makanan. Jika Anda termasuk yang kedua, Anda bisa memilih makanan-makanan berikut ini untuk mengatasi suasana hati Anda yang sedang memburuk.

Cokelat

Cokelat telah dikenal sebagai makanan yang dapat membantu mengatasi suasana hati yang memburuk. Kenyataannya, cokelat memang baik dalam mengatasi depresi dan mengurangi stres. Hal itu dimungkinkan, karena cokelat mengandung theobromine dan phenylethyamine, senyawa yang membantu meningkatkan mood. Selain itu, antioksidan di dalam cokelat juga dapat membantu mengatasi suasana hati yang buruk.

Selain dalam bentuk batangan, Anda juga bisa menikmati cokelat yang dicairkan dalam mangkuk, yang dicampur dengan stroberi atau buah-buahan lain. Stroberi memiliki nilai tambah, karena dapat menstabilkan kadar gula dan mengurangi iritasi.

Seafood

Seafood atau makanan laut mengandung asam lemak omega-3 yang baik dalam menangkal kanker dan penyakit kardiovaskular, selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi nyeri sendi.

Dalam hal emosi, asam lemak omega-3 mampu membantu meningkatkan pikiran dan memerangi masalah neurologis lainnya termasuk depresi dan Alzheimer. Seafood merupakan sumber yang kaya vitamin B dan mineral seperti seng dan magnesium, yang dapat meningkatkan mood.

Saat emosi sedang memburuk, Anda bisa menikmati sajian seafood dalam bentuk ikan, udang, atau lobster.

Buah


Saat suasana hati Anda sedang baik, mengonsumsi buah akan dapat mencegah munculnya kecemasan, stres, dan frustrasi. Sebaliknya, ketika suasana hati Anda sedang memburuk, mengonsumsi buah akan dapat memperbaiki suasana hati. Buah mengandung vitamin B dan folat—keduanya merangsang asam amino yang memproduksi serotonin. Hormon serotonin berfungsi untuk memompa mood menjadi lebih baik atau lebih ceria.

Saat sedang bad mood, Anda bisa menikmati potongan buah dalam mangkuk yang dicampur yoghurt. Makanan segar itu dapat menyegarkan tubuh dan pikiran yang kacau.

Kacang

Mengonsumsi kacang dapat meningkatkan energi dalam waktu singkat. Beberapa jenis kacang seperti kacang kenari dan biji rami merupakan sumber asam lemak omega yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi kacang akan membantu Anda lebih kuat dalam mengendalikan suasana hati negatif, seperti kecemasan dan kemarahan.

Anda bisa menikmati kacang dalam bentuk utuh, atau mencampurnya dengan adonan kue.

Beras merah dan sereal

Selain memberi rasa kenyang hingga menekan nafsu makan, beras merah dan sereal juga dapat membantu suasana hati yang memburuk, dengan cara memperlambat penyerapan karbohidrat.

Yoghurt

Produk olahan susu, khususnya yang rendah lemak, mengandung vitamin D dan B, serta mineral magnesium dan seng. Yoghurt, misalnya, merupakan sumber dopamine dan norepinephrine, yang juga baik dalam mengatasi turunnya suasana hati.

Anda bisa mengonsumsi yoghurt secara langsung atau dicampur ke makanan lain. Selain yoghurt, keju juga bisa dipilih untuk tujuan sama.