Makanan Pengusir Lapar dengan Nilai Kepuasan Tinggi

 Makanan Pengusir Lapar dengan Nilai Kepuasan Tinggi

BIBLIOTIKA - Ketika menjalani diet dengan tujuan menurunkan berat badan, banyak orang yang sengaja mengurangi porsi makanannya. Namun, efek umum yang biasa terjadi adalah munculnya rasa lapar terus-menerus yang menyiksa, bahkan sering disertai pusing dan uring-uringan. Ahli gizi Barbara Rolls, Ph.D., Ketua Ilmu Gizi di Pennsylvania State University, melakukan penelitian selama sepuluh tahun untuk mempelajari masalah tersebut demi menemukan jalan keluarnya.

Hasilnya, menurut Barbara Rolls, mengurangi jumlah makanan dengan memangkas kalori yang dikosumsi memang akan terus menjadikan kita merasa lapar. Berbeda jika kita memangkas kalori dengan dua cara.

Cara pertama adalah memilih makanan yang mengandung karbohidrat baik dan indeks glikemik rendah seperti kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan segar. Jenis makanan tersebut bisa diserap perlahan-lahan ke aliran darah, sehingga membuat kadar gula darah tetap stabil dan tubuh tetap bugar.

Kemudian, cara kedua, adalah mengolah makanan sehat yang kita pilih menjadi makanan yang memiliki nilai kepuasan tinggi, yaitu makanan yang menawarkan rasa lezat alami, rendah kalori, tinggi nutrisi, dan memberikan kenyang lebih lama.

Lalu makanan apa saja yang bisa mendukung hal tersebut? Althea Zanecosky, juru bicara American Dietetic Association, menyarankan beberapa makanan berikut ini.

Sup

Sup yang baik adalah sup berbahan dasar kaldu, bukan sup dengan krim yang kalorinya lebih tinggi. Anda bisa memasukkan potongan sayuran seperti bayam, brokoli, atau wortel, ditambah sumber protein seperti kacang-kacangan, ayam tanpa kulit, atau ikan, sehingga sup tersebut memiliki semua unsur energi yang penting.

Smoothies

Mengonsumsi smoothies yang dibuat dengan yoghurt rendah lemak dan buah-buahan akan membantu Anda memperoleh asupan protein, serat, dan kalsium.

Pasta

Anda bisa membuat pasta dengan menambahkan sejumlah sayuran tumis untuk menghasilkan sajian yang sehat dan lezat. Jika ingin merasa lebih kenyang, Anda tinggal menambahkan sayuran lebih banyak.

Salad

Mengonsumsi salad dengan banyak sayur dan buah yang ditambah parutan keju cheddar dan saus rendah lemak, bisa membuat Anda merasa kenyang sampai beberapa jam.

Air

Bagaimana pun, hal penting yang tak bisa ditinggal dalam hal mengusir rasa lapar adalah air. Anda harus cukup mengonsumsi air, agar kebutuhan tubuh terhadap cairan benar-benar terpenuhi. Kadang-kadang, Anda keliru mengidentifikasi dehidrasi sebagai lapar. Karenanya, ketika rasa ingin makan muncul, cobalah minum air terlebih dulu dalam jumlah cukup.