Makanan-makanan yang Meredakan Gejala Alergi

 Makanan-makanan yang Meredakan Gejala Alergi

BIBLIOTIKA - Sebagian orang menderita alergi seperti bersin-bersin, mata berair, dan lainnya, khususnya saat berdekatan dengan zat alergen (yang menyebabkan timbulnya alergi). Untuk alergi yang parah, solusinya tentu menghubungi dokter atau ahli berkompeten, untuk mendapatkan perawatan. Namun, untuk alergi yang ringan, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan-makanan pereda alergi berikut ini.

Buah dan sayur

Semua buah atau sayur berwarna merah, kuning, dan oranye, mengandung antioksidan betakaroten yang mampu melawan alergi. Karenanya, untuk meredakan alergi yang Anda alami, Anda bisa mengonsumsi paprika, tomat, sayuran hijau gelap, wortel, atau labu.

Anggur merah

Ada anggur hijau dan ada anggur merah. Berdasarkan penelitian, anggur merah mengandung zat resveratrol yang terbukti ampuh mengurangi inflamasi (radang dan pembengkakan), serta meredakan alergi.

Bawang bombai

Bawang bombai mengandung quercetin, yaitu senyawa flavonoid yang dapat membantu meredakan gejala alergi yang Anda alami. Jika Anda kebetulan tidak menyukai bawang bombai, Anda bisa menggantinya dengan apel, brokoli, atau teh hitam, yang juga mengandung quercetin.

Ikan

Jenis ikan semacam salmon, hering, atau sarden, mengandung asam lemak omega-3 yang memiliki peran penting dalam melawan alergi. Jika Anda kebetulan menyukai seafood, khususnya ikan, Anda bisa menjadikannya sebagai sarana untuk mengatasi gejala alergi Anda.

Kacang lentil dan walnut

Di antara jenis kacang-kacangan yang lain, kacang lentil dan kacang walnut adalah jenis yang terbaik dalam mengatasi alergi. Kacang lentil mengandung asam folat yang ampuh untuk menurunkan gejala alergi, sedangkan kacang walnut mengandung alpha-linolenic acid (ALA) yang berperan dalam mengurangi gejala alergi.