Makanan-makanan yang Menyehatkan Mata

Makanan-makanan yang Menyehatkan Mata

BIBLIOTIKA - Terlalu sering menonton televisi, atau terlalu lama berhadapan dengan layar komputer, adalah di antara hal yang dapat membuat mata lelah. Dalam jangka panjang, aktivitas-aktivitas tersebut bisa mengurangi kemampuan mata, misalnya minus. Karena itulah, kita pun disarankan untuk tidak lupa mengistirahatkan mata setelah cukup lama berhadapan dengan layar televisi atau layar monitor komputer, agar mata selalu sehat dan segar.

Untuk menunjang tujuan itu, berikut ini adalah makanan-makanan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata.

Wortel

Wortel telah terkenal sebagai makanan yang mampu membantu kesehatan mata. Kenyataannya memang benar, karena wortel mengandung betakaroten yang bagus untuk kesehatan retina, serta melindungi mata dari sinar matahari.

Sayuran hijau

Sayuran hijau semisal bayam, brokoli, dan kale, adalah makanan yang sangat penting dalam hal mencegah kebutaan atau masalah mata lainnya. Sayuran hijau mengandung vitamin A, vitamin B12, vitamin C, dan kalsium, yang menyehatkan mata.

Telur

Telur mengandung protein yang merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kesehatan mata. Selain itu, mengonsumsi telur juga dapat membantu mencegah masalah mata semisal rabun di usia senja.

Bawang putih

Selain terkenal karena memiliki khasiat dalam menurunkan kolesterol, bawang putih juga mampu membantu kesehatan lensa mata, serta mencegah katarak saat usia bertambah.

Ikan

Jenis ikan semisal tuna, cod, dan salmon, mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan retina mata. Mengonsumsi ketiga jenis ikan tersebut bisa membantu menjaga kesehatan mata secara keseluruhan.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan semisal almond, mete, juga kacang tanah, mengandung asam lemak omega-3, meski tidak sebanyak yang dikandung ikan. Mengonsumsi kacang-kacangan mampu membantu melindungi mata, dan mencegah penyakit mata di usia senja.

Alpukat

Senyawa lutein yang terkandung di dalam alpukat memiliki fungsi mencerahkan penglihatan mata, dan menurunkan risiko katarak ketika usia semakin menua. Dibandingkan jenis buah lain, alpukat paling banyak mengandung senyawa lutein.

Cokelat hitam

Flavonoid yang terkandung dalam cokelat hitam memiliki fungsi dalam menjaga kesehatan pembuluh darah di sekitar mata, dan melancarkan sirkulasi darah ke arah mata. Karenanya, cokelat hitam bukan hanya makanan lezat, tapi juga menyehatkan mata.