Makanan-makanan yang Membersihkan Usus Besar

Makanan-makanan yang Membersihkan Usus Besar

BIBLIOTIKA - Di dalam tubuh manusia, usus besar adalah bagian terakhir sistem pencernaan yang bertugas menyerap air, natrium, vitamin, dan lemak larut. Membersihkan usus besar sangat penting dilakukan, karena dapat membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat, serta mencegah kanker usus besar. Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa membantu membersihkan usus besar.

Lemon

Selain dapat meningkatkan pencernaan dan menjauhkan Anda dari sembelit, lemon juga mampu membersihkan usus besar.

Bayam

Sayuran berdaun hijau dikenal sebagai makanan super yang banyak digunakan untuk memperbaiki sistem pencernaan. Bayam juga mengandung serat yang membantu Anda terbebas dari sembelit atau susah buang air besar.

Bawang putih

Rempah dapur satu ini telah terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk dalam hal pembersihan usus besar. Mengonsumsi bawang putih bisa membantu pencernaan Anda.

Yoghurt

Yoghurt bisa dikonsumsi untuk tujuan membersihkan usus besar dan menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, fungsi lain yoghurt yang sangat baik adalah mengatasi masalah lambung.

Alpukat

Alpukat mengandung asam lemak omega-3 dan minyak yang meningkatkan pencernaan. Omega-3 berfungsi sebagai pelumas pada dinding usus, yang mengeluarkan racun dari tubuh.

Teh hijau

Mengonsumsi teh hijau secara rutin bisa menghasilkan banyak manfaat, termasuk meningkatkan kesehatan pencernaan, membersihkan usus besar, serta menurunkan berat badan.