Makanan-makanan yang Membantu Mengusir Stres

 Makanan-makanan yang Membantu Mengusir Stres

BIBLIOTIKA - Apa yang biasa Anda lakukan saat stres datang? Sebagian orang mengatasi stres dengan refresing seperti menonton film, sebagian yang lain mengusir stres dengan belanja ke swalayan, sementara yang lain lagi mengatasi stres dengan banyak makan.

Marisa Moore, pakar nutrisi dari Atlanta dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, mengatakan bahwa beberapa nutrisi memang bisa meningkatkan mood, tapi makanan berlemak bisa membuat fungsi tubuh menurun karena sulit dicerna oleh tubuh. Karenanya, jika Anda termasuk yang suka makan saat stres datang, sebaiknya pilihlah makanan yang baik dan sehat, khususnya lagi makanan yang dapat membantu mengusir stres. Berikut ini di antaranya.

Almond

Mengonsumsi satu sajian almond (kira-kira sebanyak genggaman tangan) bisa memenuhi kebutuhan magnesium harian. Magnesium adalah mineral yang membantu mengontrol kadar kortisol (hormon penyebab stres) agar tetap rendah. Sejumlah studi bahkan menunjukkan, magnesium memiliki efek menenangkan saraf dan membuat tidur lebih nyenyak.

Labu

Buah labu mengandung vitamin B6 dan zat besi yang dapat merangsang otak untuk menimbulkan perasaan gembira.

Salmon

Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan salmon dapat membantu mengembalikan suasana hati Anda yang sedang stres. Selain itu, omega-3 juga membantu melindungi kesehatan jantung, serta menjaga detaknya tetap stabil ketika kadar kortisol meningkat. Kortisol adalah hormon stres yang dilepaskan ketika orang berada dalam tekanan. Jika hormon itu terus bertambah, hasilnya bisa mengganggu kestabilan sistem tubuh.

Alpukat

Kandungan dalam alpukat bisa menurunkan kadar stres dengan membantu tubuh menjaga kestabilan fungsi sistem saraf. Mineral yang terkandung dalam alpukat juga membantu menstabilkan tekanan darah, sehingga stres dan gelisah dapat berkurang.

Jika Anda mengonsumsi alpukat untuk tujuan mengusir stres, jangan mencampur alpukat dengan susu kental manis atau gula.

Bayam

Mengonsumsi bayam dalam porsi 3 mangkuk dapat menyuplai 40 persen kebutuhan tubuh kita terhadap magnesium, yaitu mineral yang membantu menurunkan kadar stres dan perasaan tertekan.

Roti gandum

Roti gandum mengandung karbohidrat kompleks yang baik untuk diet. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat meningkatkan hormon antidepresi yang memberi efek menenangkan.

Ceri

Buah ceri telah lama terkenal sebagai aspirin alami, karena mengandung zat anthocyanin yang dapat membantu mengontrol suasana hati.

Susu rendah lemak

Susu rendah lemak (low fat milk) mengandung kalsium sangat tinggi, yang efektif dalam memberi rasa tenang saat dilanda kepanikan atau ketegangan.    

Brokoli

Brokoli mengandung vitamin C yang membantu mengontrol tekanan darah dan kadar kortisol yang menimbulkan stres. Vitamin C dalam brokoli juga membantu menguatkan daya tahan tubuh ketika seseorang dilanda stres.

Ketika stres datang, Anda bisa mengonsumsi brokoli dengan cara merebusnya dengan tambahan minyak zaitun, lalu dimakan dengan dicocol sambal atau dicampur ke dalam omelet.

Daging ayam

Daging ayam mengandung selenium, yaitu zat yang dapat membantu mengatur mood seseorang agar selalu dalam kondisi seimbang.

Pisang

Pisang tidak hanya mengenyangkan perut, namun juga dapat menurunkan kadar stres. Pisang mengandung zat alkaloid, vitamin B6, dan tryptophan, yang membantu tubuh memproduksi hormon pengusir stres lebih banyak.

Bawang putih

Bawang putih dapat mengatasi stres dan menenangkan pikiran, serta melegakan pernapasan.    

Anggur

Kandungan vitamin C dalam anggur sangat baik untuk menstimulasi produksi hormon adrenalin dan melepaskan perasaan tertekan.

Cokelat

Cokelat telah lama terkenal sebagai makanan pengusir stres, karena memiliki kemampuan dalam meningkatkan kadar zat-zat neurotransmitter ke otak, yang akan memicu produksi hormon pembuat hati senang dan nyaman.