Makanan-makanan untuk Menyehatkan Pencernaan

Makanan-makanan untuk Menyehatkan Pencernaan

BIBLIOTIKA - Mengonsumsi makanan artinya memasukkan makanan ke dalam mulut. Dari mulut, makanan itu akan melewati kerongkongan, untuk kemudian dicerna dalam tubuh kita, tepatnya di bagian pencernaan. Dari pencernaan, hasilnya disalurkan ke berbagai organ tubuh yang lalu menghasilkan energi.

Karena beberapa hal tertentu, kadang makanan yang diolah dalam pencernaan kita meninggalkan sisa, sehingga menempel pada pencernaan. Jika sisa-sisa makanan yang ada di sana makin menumpuk, lama-lama dapat mengganggu kerja sistem pencernaan, yang pada akhirnya mengganggu kesehatan. Karena itulah kita memerlukan pembersihan pada organ pencernaan atau detoksifikasi, dan makanan-makanan berikut ini bisa membantu membersihkan pencernaan dari sisa-sisa makanan atau racun.

Alpukat

Alpukat tidak hanya menawarkan antioksidan, namun juga mengandung zat glutathione yang dapat membantu membersihkan racun dari dalam tubuh. Hasilnya, tubuh Anda pun lebih sehat dan bugar.

Cranberries

Cranberries mengandung zat antibakteri yang mampu menghilangkan racun-racun dalam pencernaan, selain membantu mencegah infeksi saluran kemih.

Kubis

Kandungan belerang dan sulfur yang terdapat pada kubis dapat membantu menyingkirkan racun dari dalam tubuh.

Jeruk nipis

Mengonsumsi jeruk nipis dapat membantu Anda menghilangkan racun-racun dalam tubuh, serta melindungi kesehatan organ hati. Hal itu dimungkinkan, karena jeruk nipis mengandung vitamin dan antioksidan.

Brokoli

Kandungan antioksidan yang dimilikinya menjadikan brokoli sebagai sayuran yang baik untuk detoksifikasi. Selain itu, brokoli juga membantu pencernaan bekerja lebih baik.

Bawang putih

Bawang putih mengandung sulfur yang dapat berfungsi sebagai sarana detoksifikasi, juga zat antibiotik bagi tubuh.

Jeruk bali


Mengonsumsi jeruk bali tidak hanya dapat membantu membersihkan pencernaan, namun juga membantu mencegah penyakit batu ginjal.