Makanan-makanan untuk Mengatasi Sembelit

  Makanan-makanan untuk Mengatasi Sembelit

BIBLIOTIKA - Sembelit adalah kondisi ketika orang kesulitan buang air besar. Salah satu penyebab sembelit adalah makanan yang dikonsumsi. Jika Anda mengonsumsi banyak makanan berlemak, namun kurang berolahraga, maka ada kemungkinan Anda akan sering mengalami sembelit. Dalam kadar ringan, sembelit disebut konstipasi. Ketika kadarnya sudah berat, kondisi itu disebut obstipasi. Sembelit yang cukup parah bisa menyebabkan kanker usus.

Berikut ini beberapa makanan yang bisa membantu mengatasi sembelit. Saat sembelit datang, Anda bisa mencari makanan berikut ini.

Buah-buah beri

Buah-buah beri, dari stroberi, bluberi, raspberry, hingga blackerry, mengandung kadar serat yang tinggi namun rendah kalori. Serat dalam buah-buah beri dapat membantu mencegah sembelit. Selain penuh serat, buah beri juga kaya antioksidan.

Kismis

Kismis adalah buah yang dikeringkan. Sama seperti buah-buah beri, kismis juga mengandung serat tinggi. Selain dapat dijadikan sebagai obat pencahar alami, kismis juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi sembelit.

Roti gandum

Kalau Anda suka sarapan roti, sangat baik jika Anda membiasakan untuk sarapan roti gandum, karena lebih sehat. Roti gandum kaya serat dan karbohidrat kompleks, namun rendah lemak. Selain sehat, roti gandum juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sembelit.

Kacang-kacangan

Almond, kenari, atau kacang tanah, adalah jenis kacang-kacangan yang mengandung protein serta kaya serat. Mengonsumsi segenggam kacang tanah bisa membantu Anda mengatasi sembelit.

Buah segar

Buah-buahan segar seperti apel, pir, dan plum, mengandung banyak serat. Selain itu, buah-buah segar yang dimakan tanpa dikupas kulitnya terlebih dulu juga mengandung pektin yang baik untuk menunjang kesehatan.

Jeruk nipis

Meminum segelas air hangat yang dicampur jeruk nipis di pagi hari dapat membantu membersihkan pencernaan Anda. Minuman itu juga bermanfaat dalam membersihkan kandungan garam yang ada di usus. Kandungan garam yang menumpuk terlalu banyak akan menyebabkan sembelit.

Air putih

Di antara yang lain, air putih juga perlu dikonsumsi untuk mengatasi sembelit. Salah satu penyebab sembelit adalah dehidrasi. Air putih dibutuhkan usus besar untuk mengatasi dehidrasi. Selain itu, air putih juga membantu pergerakan usus agar lebih halus.