Makanan-makanan untuk Mengatasi Bau Mulut

Makanan-makanan untuk Mengatasi Bau Mulut

BIBLIOTIKA - Beberapa makanan ada yang bisa menyebabkan napas atau mulut Anda berbau tajam. Misalnya bawang, petai, jengkol, dan lainya. Selain itu, masalah-masalah tertentu dalam mulut atau gigi juga bisa menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Untungnya, ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut ini di antaranya.

Lemon

Dengan hanya mengisap irisan lemon atau menggigit kulitnya, Anda bisa menghilangkan atau setidaknya mengurangi bau mulut. Anda bisa melakukan hal itu dengan mudah di restoran mana pun jika Anda memesan minuman dengan hiasan jeruk nipis. Atau Anda bisa memesan minuman lemon atau jeruk. Selain itu, permen dengan aroma lemon juga bisa digunakan untuk tujuan yang sama.

Peterseli

Peterseli sering digunakan untuk melengkapi sajian makanan di restoran atau rumah makan. Anda bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan bau mulut, dengan cara mengunyah tangkainya. Selain peterseli, kemangi juga memiliki khasiat yang sama.

Apel

Mengonsumsi apel dapat menghilangkan bau mulut, karena proses mengunyah apel akan membuat produksi air liur meningkat. Selain apel, buah kaya serat lain yang juga punya manfaat yang sama adalah pir dan tomat.

Rempah-rempah

Adas manis, kapulaga, ketumbar, dan biji adas, bisa dijadikan sarana ampuh untuk menghilangkan bau mulut. Campur semua rempah itu secukupnya dengan takaran yang sama, kemudian kunyah bersamaan. Selain menghilangkan bau mulut, mengunyah rempah-rempah tersebut juga menjadikan napas dan mulut Anda terasa lebih segar.

Tangkai mint atau batang kayu manis

Mengonsumsi bawang merah atau bawang putih menjadikan mulut Anda berbau, karena kedua jenis bawang itu mengandung belerang. Mengunyah tangkai mint atau kayu manis akan menghilangkan aroma belerang dari mulut Anda. Selain itu, tangkai mint dan kayu manis juga dapat membunuh bakteri dalam mulut.

Untuk tujuan ini, Anda juga bisa menggunakan permen rasa mint. Pilihlah permen mint yang mengandung xylitol, karena dapat membantu menyegarkan napas dan mencegah gigi berlubang.

Yoghurt dan buah beri

Mengonsumsi setengah cangkir yoghurt sudah cukup efektif untuk menghalau bau mulut. Jika kebetulan Anda mengalami masalah dengan bau mulut, Anda bisa rutin mengonsumsi setengah cangkir yoghurt dua kali setiap hari.

Selain yoghurt, buah beri juga memiliki khasiat yang sama. Karenanya, menikmati yoghurt dengan tambahan buah beri akan lebih efektif dalam menghalau bau mulut.