Makanan-makanan untuk Menangkal Flu

Makanan-makanan untuk Menangkal Flu

BIBLIOTIKA - Flu biasa menyerang saat terjadi pergantian cuaca yang ekstrem, atau karena tertular teman kita yang sedang menderita flu. Penyakit ini biasa ditandai dengan bersin-bersin, kepala pusing, batuk, hingga pilek. Biasanya, kita mengonsumsi obat atau pil tertentu untuk mengatasi flu. Namun, jika ingin cara yang lebih alami, beberapa makanan ini bisa digunakan, karena memiliki efek penyembuhan yang sama.

Brokoli

Sayur-sayuran, khususnya brokoli, mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan sel darah putih, yang berguna dalam melawan infeksi. Selain itu, brokoli juga mengandung vitamin C yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Di luar hal tersebut, brokoli juga mengandung serat dan kalsium yang dibutuhkan tubuh.

Bluberi


Selain memiliki kandungan antioksidan sangat tinggi, bluberi juga mengandung flavonoid yang bertindak seperti antihistamin dan anti-inflamasi yang dapat melindungi tubuh dari serangan jantung dan kanker. Untuk mengatasi flu yang menyerang, Anda bisa mengonsumsi buah ini.

Salmon

Salmon adalah ikan dengan kandungan omega-3 yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Salmon juga kaya vitamin D yang mampu melindungi sistem pernapasan terhadap infeksi.

Ubi-ubian

Makanan dari tanaman ubi-ubian mengandung betakaroten yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin A yang terdapat di dalamnya juga mampu menjaga kesehatan selaput lendir yang melapisi hidung dan tenggorokan.

Yoghurt

Segelas yoghurt bisa menjadi obat flu yang nikmat sekaligus mujarab. Selain baik untuk sistem pencernaan tubuh, yoghurt juga mengandung kalsium yang merupakan sumber mineral penting untuk kekebalan tubuh.