Makanan-makanan untuk Membantu Perut Rata (1)

Makanan-makanan untuk Membantu Perut Rata

BIBLIOTIKA - Selain tertimbun di bagian tubuh lain, lemak juga sering bersarang di perut. Bahkan lemak di perut itu pula yang sering kali paling menonjol, hingga banyak orang berusaha menghilangkan timbunan lemak di perutnya dengan rajin berolahraga dan latihan di gym.

Banyak orang menginginkan punya perut rata. Sebenarnya, perut semua orang pada mulanya rata. Yang menjadikan tidak rata adalah keberadaan lemak yang tertimbun di perut. Karenanya, untuk mengembalikan perut agar rata, yang perlu dilakukan adalah membakar timbunan lemak tersebut. Selain olahaga, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan berikut ini untuk menunjang keinginan itu. Selain membantu meratakan perut, beberapa makanan berikut ini juga membantu mengatasi perut kembung, dan menjaga metabolisme.

Almond

Almond mengandung banyak protein, serat, vitamin E, dan antioksidan. Almond juga termasuk kacang yang merupakan sumber magnesium, yaitu mineral yang membantu tubuh menghasilkan energi, membangun dan mempertahankan jaringan otot, serta mengatur gula darah. Tingkat gula darah yang stabil membantu mencegah nafsu makan berlebihan.

Di antara semua kelebihan yang dimiliki almond, yang membuat kacang ini perlu dikonsumsi adalah kemampuannya dalam memblokir kalori. Berdasarkan penelitian, komposisi yang ada di dinding sel kacang almond dapat membantu mengurangi penyerapan semua lemak, sehingga menjadikan almond sebagai kacang sehat yang menjaga tubuh tetap ramping.

Untuk mendapatkan khasiat almond, Anda bisa mengonsumsi kacang ini sebanyak 1 ons setiap hari. Almond dalam jumlah itu mengandung sekitar 160 kalori.

Telur

Telur adalah sumber protein yang sempurna. Telur sangat direkomendasikan banyak pakar kesehatan, karena keseimbangan asam amino esensialnya. Protein dalam telur digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan segala sesuatu, mulai dari serat otot hingga bahan kimia otak. Selain itu, telur memberikan rasa kenyang lebih lama.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.

Para peneliti di Pennington Biomedical Research Center menemukan bahwa orang yang memakan telur di pagi hari tidak merasa lapar sepanjang hari, dibandingkan orang yang sarapan dengan karbohidrat kompleks seperti bagel. V. Dhurandhar, PhD., pemimpin penelitian, menyatakan, “Protein dan lemak dalam telur berkontribusi terhadap rasa kenyang.”

Jika Anda tidak memiliki masalah dengan kolesterol, Anda bisa rutin mengonsumsi satu butir telur setiap hari untuk mendapatkan khasiatnya.

Kedelai

Kedelai mengandung antioksidan, serat, dan protein. Selain itu, kedelai adalah sumber pangan yang bisa diolah dan dikonsumsi dalam berbagai sajian. Anda bisa memanggang kedelai, mencampurkannya ke dalam sup, atau mengolahnya menjadi berbagai sajian makanan lain. Bahkan tahu dan tempe pun berasal dari kedelai.

Selain menjadi bahan makanan, kedelai juga bisa menjadi minuman sehat ketika diolah menjadi susu. Penelitian yang dipublikasikan di Journal of the American College of Nutrition bahkan menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi susu kedelai bisa menurunkan berat badannya lebih mudah, dibanding orang-orang yang mengonsumsi minuman khusus diet yang terbuat dari susu tradisional.

Untuk mendapatkan khasiat kedelai, Anda bisa mengonsumsi aneka sajian dan olahan yang berasal dari kedelai—tahu, tempe, kacang kedelai, susu kedelai, atau lainnya.

Apel

Satu butir apel setiap hari bisa menjauhkan Anda dari dokter. Kenyataannya, apel memang membantu menjaga kesehatan tubuh, serta membantu Anda memiliki tubuh langsing. Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nutrition menemukan bahwa wanita dengan kelebihan berat badan yang mengonsumsi tiga buah apel atau pir setiap hari selama tiga bulan bisa menurunkan berat badan mereka lebih banyak, dibandingkan wanita yang melakukan diet yang sama dengan mengonsumsi cookies gandum.

Baca lanjutannya: Makanan-makanan untuk Membantu Perut Rata (2)