Makanan-makanan untuk Detoksifikasi Tubuh

 Makanan-makanan untuk Detoksifikasi Tubuh

BIBLIOTIKA - Detoksifikasi adalah proses pembuangan racun-racun dari dalam tubuh. Keberadaan racun-racun dalam tubuh kita bisa berasal dari sisa-sisa makanan yang tak tercerna, obat-obatan atau pil yang kita konsumsi, atau bisa pula dari udara kotor yang terhirup pernapasan. Sedikit demi sedikit, kandungan racun itu akan semakin menumpuk dalam tubuh, dan bisa menyebabkan aneka macam penyakit.

Ada berbagai produk detoksifikasi yang beredar di pasaran, yang ditujukan untuk membersihkan tubuh dari racun. Makanan-makanan berikut ini juga memiliki manfaat yang sama. Karenanya, kalau Anda menginginkan detoksifikasi secara alami, Anda bisa mengonsumsi makanan berikut ini.

Alpukat

Selain nikmat, alpukat juga mengandung berbagai antioksidan, salah satunya glutathione, yang membantu mempercepat pengeluaran racun berbahaya dari dalam tubuh. Berkurangnya racun atau bahan kimia berbahaya dari dalam tubuh menjadikan tubuh lebih sehat dan bugar.

Cranberries

Selain terkenal sebagai buah yang dapat membantu mencegah infeksi saluran kencing, cranberries juga memiliki fungsi sebagai antibakterial yang mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Kubis

Kandungan sulfur di dalam kubis dapat memecah zat-zat kimia di dalam tubuh. Sulfur juga membantu mengeluarkan berbagai zat berbahaya yang berasal dari pestisida sampai obat-obatan, yang tentu berbahaya jika menumpuk dalam tubuh.

Bawang putih

Sebagaimana kubis, bawang putih juga mengandung sulfur yang membantu membersihkan tubuh dari racun. Selain itu, kandungan antibiotik dalam bawang putih juga membantu tubuh mengobati dirinya sendiri.

Lemon

Lemon bisa dikonsumsi dalam bentuk makanan atau minuman, karena baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Lemon mengandung vitamin dan antioksidan yang mampu melindungi liver, serta membantu mengeluarkan zat kimia berbahaya dari dalam tubuh.

Brokoli

Brokoli mengandung antioksidan yang membantu membersihkan tubuh dari berbagai limbah dan zat kimia berbahaya. Selain itu, kandungan enzim dalam brokoli juga membantu sistem pencernaan bekerja lebih efektif. Mengonsumsi brokoli dalam kondisi mentah lebih baik, karena tingginya kandungan nutrisi di dalamnya.

Buah bit

Dikonsumsi dalam keadaan mentah atau matang, buah bit dapat membantu melindungi liver dan sistem pencernaan, karena mengandung betaine dan pektin. Selain itu, buah bit juga dapat membersihkan tubuh dari berbagai racun.

Anggur

Anggur adalah buah yang rendah gula dan kalori, sehingga baik untuk diet. Selain itu, anggur juga membantu membersihkan sistem pencernaan serta mencegah pembentukan batu ginjal.

Biji bunga matahari

Selain mencegah penimbunan kolesterol yang membahayakan tubuh, mengonsumsi biji bunga matahari juga dapat membantu kerja liver dan membuang racun dari dalam tubuh.

Kacang lentil

Mengonsumsi kacang lentil tidak hanya membantu membersihkan sistem pencernaan dan melakukan detoksifikasi pada tubuh, namun juga membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kadar gula darah dalam tubuh.