Makanan-makanan Terbaik untuk Sarapan

 Makanan-makanan Terbaik untuk Sarapan

BIBLIOTIKA - Sebagian orang kadang sengaja meninggalkan sarapan atau makan pagi dengan tujuan untuk mengurangi berat badan. Padahal, tidak sarapan justru akan meningkatkan berat badan, karena menurunkan metabolisme dan menjadikan pembakaran lemak lebih lambat. Selain itu, sarapan dibutuhkan tubuh untuk memasok energi yang akan dibutuhkan saat beraktivitas di siang harinya. Karenanya, sebisa mungkin jangan sampai meninggalkan sarapan.

Pentingnya sarapan juga menuntut kita untuk memilih menu atau makanan yang baik, sehingga benar-benar bermanfaat untuk tubuh serta dapat berguna untuk menghasilkan energi. Berikut ini adalah beberapa makanan terbaik yang bisa dipilih untuk menu sarapan.

Telur

Ada 13 nutrisi penting di dalam telur, termasuk protein yang telah terkenal. Makanan kaya protein semacam telur mampu mencegah kebiasaan ngemil, karena membuat perut kenyang lebih lama. Tak perlu khawatir mengonsumsi kuning telur, karena di dalamnya terdapat vitamin B yang dapat melindungi memori otak, juga terdapat kandungan karotenoid, lutein, dan zeaxanthin, yang baik untuk mata.

Kopi

Banyak orang menjadikan kopi sebagai minuman di pagi hari atau saat sarapan. Tidak buruk, karena kopi mengandung banyak antioksidan yang baik untuk tubuh, selama tidak menggunakan banyak tambahan gula dan krim. Kopi juga baik untuk kesehatan otak dan mencegah beberapa jenis kanker, serta melindungi tubuh dari risiko diabetes tipe 2. Meski begitu, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi kopi dalam jumlah berlebihan, karena dapat membuat jantung berdetak lebih cepat.

Teh

Selain kopi, teh juga banyak dijadikan minuman saat sarapan. Teh adalah minuman sehat, karena memiliki kandungan antioksidan yang disebut flavonoid, yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan merupakan senyawa anti-inflamasi. Teh hijau, teh hitam, atau teh putih, terbukti dapat menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, dan diabetes. Tentu saja akan lebih baik jika Anda meminumnya tanpa gula yang berlebihan.

Pisang

Pisang mengandung vitamin C, kalium, juga serat, namun tidak mengandung natrium. Karena kenyataan itu, pisang dapat membantu mengontrol tekanan darah. Sarapan dengan pisang bisa dijadikan pilihan yang baik, karena mengenyangkan perut, serta mudah didapat dan disiapkan.

Jeruk keprok


Jeruk keprok atau grapefruit merupakan sumber vitamin C serta mengandung serat yang tinggi. Jeruk keprok bisa dijadikan menu sarapan yang tepat bagi yang sedang berdiet, karena mampu menekan nafsu makan.

Buah beri

Buah-buah beri, seperti stroberi, bluberi, dan lainnya, mengandung vitamin C dan serat yang tinggi, namun rendah kalori. Buah-buah beri juga kaya antioksidan yang membantu menangkal berbagai penyakit, seperti kanker dan masalah-masalah yang berhubungan dengan penuaan dini.

Yoghurt

Jika Anda kurang menyukai telur, Anda bisa memilih yoghurt, karena sama-sama mengandung protein tinggi dan cocok dijadikan menu sarapan. Selain protein, yoghurt juga mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Meski begitu, sebaiknya pilihlah yoghurt yang rasa asli (tanpa perasa tambahan atau pemanis buatan), untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Havermut atau oatmeal


Havermut atau oatmeal adalah makanan yang mengandung berbagai nutrisi yang baik dan menyehatkan tubuh, sehingga bisa dijadikan pilihan sempurna untuk sarapan.