Makanan-makanan Sumber Zat Besi

Makanan-makanan Sumber Zat Besi

BIBLIOTIKA - Kita membutuhkan zat besi untuk mengedarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Karenanya, jika tubuh mengalami kekurangan zat besi, maka efeknya pasokan oksigen tidak maksimal menjangkau ke seluruh bagian tubuh. Akibatnya, kita pun jadi mudah lelah, pucat, bahkan sering mudah marah. Untuk itu, mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi sangat diperlukan.

Ada banyak makanan yang mengandung zat besi, dan berikut ini adalah beberapa makanan dengan kandungan zat besi tinggi. Jika Anda kebetulan mengalami kekurangan zat besi, silakan pilih dan konsumsi makanan-makanan ini.

Hati

Hati hewan adalah makanan yang telah terkenal sebagai sumber zat besi tinggi. Hati bisa berasal dari ayam, kambing, sapi, atau lainnya. Selain hati, tiram juga memiliki kandungan zat besi yang sama, sehingga bisa dikonsumsi untuk menyuplai kebutuhan tubuh terhadap zat besi.

Daging merah

Tak jauh beda dengan hati, daging merah yang berasal dari sapi atau kambing juga dapat memberikan asupan zat besi dalam jumlah cukup untuk tubuh. Meski begitu, sebaiknya pilihlah daging merah yang tanpa lemak, demi mengontrol kadar kolesterol dan tetap mendapatkan zat besi di dalamnya.

Daging ayam dan ikan

Tidak hanya daging merah, daging ayam juga mengandung zat besi tinggi. Begitu pula daging ikan, khususnya yang masih segar. Sangat dianjurkan untuk mengolah daging ayam atau daging ikan dalam bentuk direbus, dipanggang, atau dikukus, untuk menurunkan risiko peningkatan kolesterol dalam tubuh.

Sayuran hijau

Jika Anda tidak menyukai daging-dagingan, Anda bisa memilih sayuran berdaun hijau. Brokoli, kubis, kale, atau bayam, adalah beberapa jenis sayuran yang juga mengandung zat besi tinggi.

Kecambah dan kedelai

Selain mengandung vitamin C dan vitamin E yang baik untuk tubuh, kecambah dan kedelai juga tergolong sayuran yang memiliki kandungan zat besi tinggi.

Kurma dan kismis

Jika Anda menyukai camilan, Anda bisa memilih kurma atau kismis. Buah-buah kering itu bisa menjadi camilan yang sehat, karena mengandung zat besi tinggi.

Bumbu dapur

Kunyit, asam jawa, juga jintan, adalah beberapa bumbu dapur yang juga mengandung zat besi. Menggunakan bumbu-bumbu tersebut pada olahan masakan akan menambah cita rasa, juga memberi asupan zat besi pada tubuh.