Makanan-makanan Sumber Vitamin E

 Makanan-makanan Sumber Vitamin E

BIBLIOTIKA - Tubuh kita membutuhkan vitamin E untuk berbagai keperluan, di antaranya   meningkatkan daya tahan tubuh, membantu mengatasi stres, meningkatkan kesuburan, serta meminimalkan risiko kanker dan penyakit jantung koroner.

Vitamin E juga berperan penting bagi kesehatan kulit, yaitu menjaga, meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit, mencegah proses penuaan dini, melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet, serta mempercepat proses penyembuhan luka.

Sebagai antioksidan, vitamin E terlibat dalam berbagai proses tubuh, dan berfungsi sebagai antioksidan yang membantu melindungi struktur sel yang penting, terutama membran sel, dari kerusakan akibat adanya radikal bebas. Selain itu, vitamin E juga membantu melindungi sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh dari kerusakan.

Dosis vitamin E yang besar bisa memperbaiki dan mencegah terjadinya perkembangan kelainan saraf. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi vitamin E dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Asupan vitamin E harian sebesar 10-30 mg dianggap cukup untuk mempertahankan kadar vitamin E dalam darah.

Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan sel darah merah terbelah. Proses itu disebut hemolisis eritrodit, dan dapat dihindari dengan vitamin E. Efek lain jika kekurangan vitamin E adalah perubahan degeneratif pada sistem saraf dan otot, nyeri pada otot betis, gangguan penglihatan, anemia, kelainan kulit, dan beberapa lainnya.

Pada bayi, kekurangan vitamin E dapat menyebabkan kelainan yang mengganggu penyerapan lemak pada bayi yang prematur dan kekurangan gizi. Namun kekurangan vitamin E sangat jarang terjadi, karena vitamin ini banyak terdapat dalam makanan, terutama dalam minyak sayur. Meski begitu, diet yang buruk dalam waktu lama bisa menyebabkan kekurangan vitamin E.

Berikut ini makanan-makanan yang merupakan sumber vitamin E, yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan tubuh.
   
Bayam

Bayam tidak hanya mengandung zat besi tinggi. Sayuran hijau ini juga merupakan sumber vitamin E dan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh.

Almond

Di antara jenis kacang yang lain, almond adalah kacang terbaik dalam hal kandungan vitamin E. Mengonsumsi segenggam kacang almond setiap hari sangat penting artinya bagi kesehatan jantung.

Sawi

Sawi merupakan sumber vitamin E yang baik, selain juga mengandung vitamin B. Sawi bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah atau matang, dengan kandungan vitamin yang sama.

Brokoli

Terkenal sebagai sayuran super, brokoli tidak hanya mengandung vitamin E, namun juga kalsium. Brokoli tidak hanya membantu mencegah kanker, namun juga baik untuk kesehatan tulang.

Paprika merah

Selain mengandung vitamin C, paprika merah juga mengandung vitamin E serta antioksidan yang baik untuk tubuh.

Bubuk cabai merah

Ini pilihan yang tepat untuk yang suka makan pedas. Bubuk cabai merah tidak hanya memberikan aroma dan cita rasa pedas yang menggoda, namun juga mengandung vitamin E.

Biji bunga matahari

Kandungan vitamin E dalam biji bunga matahari menjadikan Anda perlu mengonsumsinya. Anda bisa menambahkan biji bunga matahari ke dalam salad atau sup.

Acar buah zaitun

Buah zaitun mengandung kadar tinggi vitamin E. Mengonsumsi acar buah zaitun membantu Anda memperoleh asupan vitamin E yang cukup. Selain itu, buah zaitun juga baik dalam membantu melembapkan dan mencerahkan kulit, serta menghilangkan bekas jerawat.