Makanan-makanan Sumber Vitamin D

Makanan-makanan Sumber Vitamin D

BIBLIOTIKA - Salah satu tanda kekurangan vitamin D adalah melemahnya otot dan menurunnya kepadatan tulang. Jika tidak cukup mengasup vitamin D, anak-anak bahkan bisa terkena asma, sementara lansia bisa mengalami masalah kognitif. Orang berusia 1 sampai 70 tahun membutuhkan asupan vitamin D sebanyak 15 mikrogram setiap hari. Sedangkan orang berusia di atas 70 tahun, dianjurkan mengonsumsi vitamin D harian sebanyak 20 mikrogram.

Sumber vitamin D bisa diperoleh dari sinar matahari. Karenanya, berjemur di bawah panas matahari pagi bisa membantu menyehatkan tubuh. Selain itu, beberapa makanan berikut ini juga merupakan sumber vitamin D yang baik, yang juga dapat dikonsumsi para vegetarian.

Produk kedelai

Makanan produk kedelai, semisal tahu dan tempe, adalah sumber vitamin D yang baik. Selain murah dan mudah diperoleh, makanan tersebut juga bisa diolah dalam berbagai sajian yang enak.

Sereal

Sereal bisa menjadi sarapan sehat yang mengasup kebutuhan vitamin D harian setiap orang, termasuk para vegetarian. Pastikan Anda memeriksa label pada kotak sereal yang Anda konsumsi, untuk mengetahui jumlah asupan tepat vitamin D.

Jamur

Jika diolah dengan tepat, jamur bisa menjadi sajian yang tidak hanya enak, namun juga menyehatkan, karena merupakan sumber vitamin D yang diperlukan tubuh. Para vegetarian yang menjauhi masakan daging bisa mendapat nutrisi yang dibutuhkan dari jamur.

Jeruk

Jeruk mungkin telah terkenal sebagai sumber vitamin C. Namun jeruk juga mengandung vitamin D. Bahkan, jeruk adalah satu di antara sedikit buah yang mengandung vitamin D, selain juga kalsium.

Margarin

Saat akan menggunakan margarin, periksa margarin yang akan Anda pakai untuk memastikan kandungan vitamin D di dalamnya. Meski termasuk sumber vitamin D, namun sebaiknya jangan mengonsumsi margarin dalam jumlah berlebihan.

Alternatif susu

Susu adalah minuman yang baik dalam menjaga kesehatan. Namun, jika Anda tidak suka susu, atau menjauhi susu yang dihasilkan hewan, Anda bisa mengonsumsi alternatif susu, semisal susu kedelai, yang juga mengandung gizi baik.