Makanan-makanan Sumber Vitamin C

Makanan-makanan Sumber Vitamin C

BIBLIOTIKA - Jika orang ditanya makanan apa yang mengandung vitamin C tinggi, hampir bisa dipastikan jeruk akan menjadi jawaban teratas. Jeruk memang sumber vitamin C yang telah terkenal, sehingga kapan pun orang membutuhkan vitamin C biasanya mereka akan segera mencari jeruk. Padahal, masih ada makanan atau buah lain yang juga mengandung vitamin C tinggi, bahkan lebih tinggi dibandingkan jeruk. Berikut ini di antaranya.

Pepaya

Pepaya berukuran kecil dengan berat 157 gram mengandung 95,6 miligram vitamin C. Satu cangkir pepaya yang dihaluskan juga memberi asupan vitamin C sebesar 140 miligram. Selain menawarkan vitamin C tinggi, pepaya juga mengandung vitamin A, folat, dan serat yang sama tinggi.

Paprika

Satu cangkir paprika merah yang masih mentah dan diiris kecil-kecil mengandung vitamin C sekitar 190,3 miligram. Sedangkan satu cangkir paprika hijau mengandung vitamin C sejumlah 119,8 miligram.

Brokoli


Sayuran satu ini tidak hanya kaya dengan kandungan nutrisi yang sehat untuk tubuh, namun juga menawarkan dosis vitamin C tinggi. Satu porsi sajian brokoli mengandung vitamin C sebanyak 148 miligram.

Kale

Dalam dua cangkir sajian kale terkandung vitamin C sebanyak 160,8 miligram. Selain vitamin C, kale juga mengandung vitamin A, vitamin K, juga serat.

Stroberi

Dalam porsi sebanyak 147 gram, stroberi mengandung vitamin C sebanyak 86,5 miligram. Meski kadarnya mungkin relatif sedikit dibanding yang lain, namun stroberi memiliki manfaat sangat besar bagi kesehatan, di antaranya membantu menghambat proses penurunan kognitif otak, khususnya jika dikonsumsi dua kali dalam seminggu.

Kiwi

Kiwi segar bisa dinikmati secara langsung atau diolah menjadi jus, smoothie, dan campuran salad. Dalam satu porsi buah kiwi terkandung vitamin C sebanyak 137,2 miligram.

Kembang kol

Dalam satu kembang kol kecil, dengan diameter 10 centimeter, terkandung 127,7 miligram vitamin C. Lebih baik lagi, satu porsi tersebut hanya menyumbangkan 66 kalori ke dalam tubuh.