Makanan-makanan Sumber Vitamin A

  Makanan-makanan Sumber Vitamin A

BIBLIOTIKA - Vitamin A adalah antioksidan yang berhubungan dengan kesehatan mata, karena dapat mencegah peradangan mata dan mata kering. Karenanya, orang yang mengalami masalah atau gangguan kesehatan mata umumnya karena mengalami kekurangan vitamin A. Untuk mencukupi kebutuhan tubuh, orang dewasa disarankan mengonsumsi vitamin A sebanyak 5.000 IU setiap hari.

Wortel, salah satu sumber vitamin A, sering direkomendasikan sebagai makanan untuk menyehatkan mata. Namun sumber vitamin A bukan hanya wortel. Berikut ini adalah makanan-makanan yang merupakan sumber vitamin A, yang perlu Anda tahu.

Wortel

Wortel berukuran sedang mengandung sekitar 200 persen dari kebutuhan rata-rata vitamin A setiap orang per hari. Selain vitamin A, wortel juga menawarkan vitamin B, vitamin C, vitamin K, serat, dan magnesium.

Selada

Dalam satu cangkir selada yang diparut mengandung 361 IU vitamin A dan 10 kalori.

Ubi jalar

Ubi jalar mengandung vitamin A sebanyak 21.909 IU, yang merupakan 438 persen dari kebutuhan rata-rata orang dewasa terhadap vitamin A.

Minyak ikan kod

Satu sendok makan minyak hati ikan kod mengandung 14.000 IU vitamin A. Selain itu, minyak ikan kod juga mengandung mineral lain, termasuk vitamin D dan omega-3.

Lada merah

Dalam 1 sendok makan lada merah terkandung 2.018 IU vitamin A, atau sekitar 42 persen kebutuhan vitamin A orang dewasa per hari.

Hati kalkun

Dalam 100 gram hati kalkun terdapat 75.333 IU vitamin A, atau 1.507 persen dari nilai harian rata-rata kebutuhan vitamin A orang dewasa.

Paprika

Selain mengandung vitamin C, kalium, dan kalsium, paprika juga merupakan sumber vitamin A. Dalam satu sendok makan paprika terdapat 69 persen dari jumlah harian vitamin A yang direkomendasikan. Sedangkan paprika merah ukuran sedang mengandung 3.726 IU vitamin A yang merupakan 75 persen kebutuhan harian kita.

Mangga

Dalam setiap iris mangga terdapat sekitar 1.785 IU vitamin A, atau sekitar 36 persen dari kebutuhan rata-rata harian vitamin A.

Susu

Tidak hanya mengandung kalsium, susu juga menawarkan vitamin A. Dalam secangkir susu terdapat 395 IU vitamin A, juga protein, dan vitamin D.

Kemangi kering

Biasa disukai penggila lalapan, daun kemangi kering mengandung 744 IU vitamin A dalam setiap 100 gramnya.

Blewah

Selain rendah kalori dan rendah lemak, blewah juga termasuk buah yang banyak mengandung vitamin A. Dalam satu iris arau 1/8 bagian blewah terkandung 5.986 IU vitamin A.

Kacang polong


Satu porsi kacang polong (sekitar setengah cangkir) menyediakan 134 persen dari jumlah rata-rata harian vitamin A yang disarankan.

Lobak

Satu cangkir lobak yang dicincang mengandung 6.373 IU vitamin A—jumlah yang sangat banyak untuk memenuhi kebutuhan kita terhadap vitamin A.

Aprikot kering

Dalam secangkir buah aprikot kering terkandung 94 persen dari jumlah rata-rata harian vitamin A yang disarankan.

Tomat

Tomat terkenal sebagai sumber likopen. Selain itu, tomat juga mengandung vitamin C dan vitamin A. Dalam satu buah tomat terdapat sekitar 20 persen dari kebutuhan harian tubuh kita terhadap vitamin A.
   
Bayam

Dalam secangkir bayam terkandung 2.464 IU vitamin A, atau sekitar 49 persen kebutuhan harian vitamin A orang dewasa. Selain itu, bayam juga mengandung vitamin C, vitamin K, mangan, zat besi, dan kalsium.
 
Pepaya

Selain mengandung mineral, enzim, dan antioksidan, pepaya juga sumber vitamin A. Dalam pepaya ukuran kecil saja, terkandung sekitar 1.444 IU vitamin A, atau sekitar 29 persen dari kebutuhan harian vitamin A tubuh kita.
   
Hati sapi

Dalam setiap 100 gram hati sapi terkandung 16.898 IU vitamin A, atau lebih dari 300 persen dari asupan harian vitamin A.