Makanan-makanan Sumber Probiotik

Makanan-makanan Sumber Probiotik

BIBLIOTIKA - Makanan-makanan probiotik sangat baik dalam mengatasi sembelit, diare, atau demam, karena probiotik mendukung pertumbuhan bakteri baik yang berperan sebagai antibiotik. Mengonsumsi makanan-makanan probiotik akan mendukung kesehatan pencernaan, serta menjauhkan Anda dari masalah yang berhubungan dengan pencernaan.

Berikut ini beberapa makanan yang merupakan sumber probiotik yang membantu menyehatkan pencernaan, yang bisa Anda kenali.

Cokelat hitam

Mengonsumsi cokelat hitam dalam kadar yang wajar akan membantu mengatasi masalah pencernaan, karena cokelat hitam mengandung antioksidan serta flavonoid yang mampu mengembalikan sel dan melumpuhkan sel jahat serta radikal bebas.

Acar dari buah-buahan

Acar sering dibuat dari buah-buahan dan sayuran, dan sajian itu termasuk makanan sumber probiotik yang baik. Ketika buah-buahan dijadikan acar, kemudian garam ditambahkan, prosesnya disebut lacto-fermentation, yang mengubah gula dalam buah menjadi energi.

Kadang-kacangan dan sereal

Secara alami, kacang-kacangan dan sereal adalah makanan yang sehat. Ketika difermentasi, keduanya akan menghasilkan probiotik. Karenanya, mengonsumsi susu kedelai, yang merupakan bagian dari kacang-kacangan, akan dapat membantu menyehatkan pencernaan.

Makanan fermentasi

Makanan hasil fermentasi mungkin tampak tidak menarik, khususnya kalau kita tahu bahwa proses fermentasi melibatkan bakteri. Namun, bakter-bakteri baik dalam fermentasi mendukung kesehatan usus Anda, yang hasil akhirnya ikut menyehatkan pencernaan.